Penutupan PKKMB IST AKPRIND Yogyakarta 2021

0
116

Pelaksanaan PKKMB IST AKPRIND Yogyakarta Tahun 2021 memasuki hari terakhir, Rabu (08/09). Setelah sebelumnya berjalan sukses selama dua hari pelaksanaan, hari ini gelaran ini telah sampai pada penghujung acara. Pada hari ketiga, para mahasiswa baru masih akan diajaka untuk mengenal lebih dekat kegiatan mahasiswa dan organisasi mahasiswa yang ada di IST AKPRIND.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan penampilan video seputar lingkungan kampus, selanjutnya adalah talk show dengan materi utama pengenalan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar dan sistem pembelajaran daring melalui Learning Management System (LMS). Pada sesi ini mahasiswa baru diperkenalkan lebih dalam dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristek) mengingat IST AKPRIND merupakan salah satu perguruan tinggi yang ikut berpartisipasi dalam program ini. Siti Saudah, S.Pd., M.Hum., narasumber utama pada talk show ini sekaligus kepala Badan Pengembangan Pendidikan Aktivitas Instruksional (BP2AI) menyampaikan, “Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar mahasiswa nantinya lebih siap dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang.” Para mahasiswa baru diarahkan untuk dapat berpartisipasi aktif dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ketika telah aktif mengikuti kegiatan perkuliahan.

Tiga narasumber utama yang hadir pada sesi materi inti hari Rabu yakni, Dyah Wulandari Setyarini, SIP., Penyuluh Narkoba Ahli Pertama Badan Narkotika Nasional Pusat (BNNP) DIY, dengan topik Pendidikan atau Gerakan Anti Penyalahgunaan NAPZA; Salwa Usrati, M.Psi., Psikolog, Psikolog Puskesmas Ngaglik 1 Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman DIY, dengan topik Kampanye Pencegahan Kekerasan Seksual dan Perundungan (Bullying); serta Dr. Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, dengan topik Kampanye Sehat dan/atau Green Campus. Meski hari ini merupakan hari terakhir penyelenggaraan, hal ini tidak menyurutkan tekad peserta yang mengikuti kegiatan ini. Mereka nampak antusias dengan pemaparan materi dari setiap narasumber dan juga berpartisipasi aktif dalam sesi tanya jawab yang dibuka setelah pemaparan materi utama. PKKMB 2021 ditutup dengan sambutan dari ketua umum panitia yakni Dr. Samuel Kristiyana, S.T., M.T., dan ditutup secara simbolik oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom. (rsw)