IST AKPRIND Yogyakarta Terima Kunjungan PT MSAL Group untuk Jajaki Kerja Sama

0
234

Institut Sains & Teknologi AKPRIND (IST AKPRIND) Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari PT Mulia Sawit Agro Lestari (MSAL Group) pada Rabu, (13/12) yang bertempat di ruang kerja pimpinan Kampus 1 IST AKPRIND. Agenda tersebut dalam rangka penjajakan kerja sama antar kedua belah pihak.

Sejumlah perwakilan yang hadir pada kegiatan tersebut yakni, Wakil Rektor III Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom., Ketua Program Pendidikan Vokasi I Gusti Gde Badrawada, S.T., M.Eng., Ketua Jurusan Teknik Mesin Dr. Hadi Saputra, S.T., M.Eng., dan Dosen Teknik Mesin Ir. Joko Waluyo, M.T. Sementara PT MSAL Group diwakili oleh Head Department of Engineering Syawaludin Nasution, HRD PT MSAL Group Yoga Sapta, serta Sri Wilopo, S.T., yang merupakan alumni Teknik Mesin IST AKPRIND tahun 1996.

Dalam sambutannya, Emy menyampaikan terima kasih kepada PT MSAL Group yang telah menyambangi IST AKPRIND dan bersilaturahmi guna penjajakan kerja sama. Menurutnya, beberapa tahun kebelakang pihak institut sedang menggalakkan untuk bersinergi dan mendekatkan mahasiswa dengan dunia industri.

“Harapannya melalui program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Magang Industri selama satu sampai dua semester dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Hal ini supaya semua yang sudah dipelajari di kampus dapat diterapkan dan diimplementasikan di dunia industri. Namun, tidak hanya kerja sama di bidang MBKM saja, melainkan dari pihak institut juga mengharapkan dapat bersinergi melalui penelitian,” ujarnya.

Sementara itu, Sri Wilopo mengatakan saat ini terkadang para mahasiswa hanya memahami lingkup keilmuan saja, tetapi belum memahami kebutuhan riil di dunia kerja. Tantangan paling berat di dunia kerja khususnya industri, yakni, Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum siap secara mental. Sebab ia sering menemukan SDM yang takut dan “angkat tangan” ketika menghadapi tantangan yang berat.

Terdapat beberapa program yang ditawarkan dari IST AKPRIND, seperti, Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), Kelas Karyawan, dan Program Pendidikan Magister Rekayasa Mesin bagi pekerja di PT MSAL Group. Sementara itu, PT MSAL juga menyebutkan beberapa peluang kerja bagi mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Kimia. Namun, tidak terbatas pada jurusan tersebut, tetapi juga membuka kesempatan bagi jurusan lain sesuai kebutuhan perusahaan.

MSAL Group merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. MSAL Group berdiri sejak tahun 2007, dan saat ini beroperasi melalui enam anak perusahaan yang berlokasi di Kalimantan Tengah. (humas)