IST AKPRIND dan STTKD Gandeng Desa Banjarsari pada Program Penerapan Teknologi Konversi Energi Ramah Lingkungan dan Smart Ekowisata

0
199

Institut Sains & Teknologi AKPRIND (IST AKPRIND) Yogyakarta bersama Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) menjalin kerja sama yang bertajuk Penerapan Teknologi Konversi Energi Ramah Lingkungan dan Smart Ekowisata yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan kalurahan Banjarsari, Kapanewon Samigaluh, Kulon Progo, Rabu (15/11). Program tersebut merupakan salah satu dari empat program implementasi Hibah Kosabangsa yang dikelola oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Kemdikbudristek.

Mitra yang terlibat dalam program tersebut antara lain Gapoktan Manunggal Karya, Pokdarwis Mustika Banjar, UMKM Tahu Par, serta Erna Snack. Kolaborasi tersebut diimplementasikan melalui penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) seperti perajang sampah organik, mesin pengiris, dan mesin pengemas.

Salah satu bentuk pemberdayaan yang dilakukan adalah pemanfaatan TTG untuk mengolah sampah organik menjadi pakan ternak melalui budidaya rumput kalanjana yang dirajang di Gapoktan Manunggal Karya. Di sisi lain, mitra Pokdarwis Mustika Banjar menggunakan TTG untuk menyediakan akses listrik, air, penataan layout, digitalisasi promosi wisata, serta mempersiapkan sarana smart-ekowisata di Puncak Sigong, pegunungan Menoreh. Sedangkan pada UMKM Tahu Par dan Erna Snack, pemberdayaan bertujuan memanfaatkan biodigester sebagai sumber energi alternatif dan menjalankan produksi bersih pada produk makanan yang dihasilkan.

Tim pelaksana program ini melibatkan sejumlah pakar dan akademisi, di antaranya Prof. Dr. Anak Agung Putu Susastriawan, S.T., M.Tech., Dr. Suparni Setyowati Rahayu, M.Si., Dr. Sri Mulyaningsih, S.T., M.T., Gaguk Marausna, S.T., M.Eng., Ikbal Rizki Putra, S.T., M.Eng., Muhammad Luqman Bukhori, S.T., M.T., serta Desiana Rachmawati, S.E., M.Acc.

Lurah Banjarsari, Muhyadi, menyampaikan harapannya agar program kerja sama antara dua perguruan tinggi dengan pemerintah Banjarsari dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerahnya. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan Desa Banjarsari dapat menerapkan teknologi ramah lingkungan dan smart ekowisata untuk meningkatkan pendapatan masyarakat setempat dan mendukung pembangunan berkelanjutan. (humas)