Prof. Dr. Anak Agung Putu Susastriawan, S.T., M.Tech., Raih Gelar Guru Besar di IST AKPRIND Yogyakarta

0
414
Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta menggelar acara serah terima Surat Keputusan (SK) tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen kepada Prof. Dr. Anak Agung Putu Susastriawan, S.T., M.Tech., sebagai Guru Besar atau Profesor dalam bidang teknik mesin.

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (IST AKPRIND) menggelar acara Penyerahan Surat Keputusan (SK) tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen kepada Prof. Dr. Anak Agung Putu Susastriawan, S.T., M.Tech., sebagai Guru Besar dalam bidang Teknik Mesin. Penyerahan SK Guru Besar dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Kampus 1 IST AKPRIND pada Jumat (13/10).

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Yayasan Pembina Potensi Pembangunan (YPPP) Ir. Sagoro Wedy, M.M., Bendahara YPPP Erhanuddin Setya Wibawa, S.T., M.Sc., Sekretaris YPPP Dwi Hastjarjani Kartika Kuswandari, S.Sos., Ketua Senat Akademik Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.T., Rektor Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., Wakil Rektor I Dr. Toto Rusianto, M.T., Wakil Rektor III Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom., beserta jajarannya. Hadir dan menyerahkan SK Guru Besar Plt. Kepala LLDikti Wilayah V Yogyakarta Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D., beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Edhy menyampaikan dengan bertambahnya Guru Besar, saat ini IST AKPRIND mempunyai dua Guru Besar. Menurutnya, hal tersebut mendukung proses perubahan benyuk perguruan tinggi dari institut menjadi universitas yang dokumennya sedang disusun saat ini. Ia berharap dengan bertambahnya Guru Besar dapat meningkatkan mutu dan pelayanan, sehingga mahasiswa mendapatkan pelayanan terbaik. Saat ini ada 1 (satu) dosen sedang proses pengajuan Guru Besar dan setidaknya ada 3 (tiga) dosen lainnya yang sedang menyiapkan berkasnya. Selain itu, saat ini ada 5 (lima) dosen yang mengajukan kenaikan Angka Kredit ke Lektor Kepala 700AK.

Sementara itu, Sagoro Wedy dalam sambutannya memberikan selamat kepada Prof. Dr. Anak Agung Putu Susastriawan, S.T., M.Tech., yang sudah berhasil mencapai gelar fungsional tertinggi. 

“Kami turut berbangga dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk tingkat akademik dan fungsional di IST AKPRIND. Kami berharap kedepannya agar semakin banyak akademisi yang ikut menyusul menjadi Guru Besar supaya IST AKPRIND semakin maju,” ujarnya.

Di sisi lain, Aris Junaidi atas nama Kemendikbudristek dan LLDikti Wilayah V Yogyakarta mengucapkan selamat dan apresiasinya atas diterimanya SK Guru Besar kepada Prof. Dr. Anak Agung Putu Susastriawan, S.T., M.Tech., di bidang Teknik Mesin. Menurutnya, penambahan Guru Besar di LLDikti Wilayah V Yogyakarta semakin meningkat. Pada tahun 2023 jumlah akademisi yang menjadi Guru Besar bertambah 35 orang menjadi 170. Aris berharap, dengan bertambahnya Guru Besar tersebut dapat meningkatkan mutu di IST AKPRIND dan LLDikti Wilayah V Yogyakarta. (humas)