Nurul Dzakiya, Dosen dengan Segudang Prestasi, Jadi Incaran Mahasiswa!

0
158

Nurul Dzakiya S.Si., M.Sc., merupakan dosen Jurusan Teknik Geologi pada Fakultas Teknologi Mineral di IST AKPRIND dengan segudang prestasi. Perempuan kelahiran Pasuruan tahun 1987 silam ini meraih gelar Sarjana Fisika dari Universitas Negeri Malang pada 2011 serta gelar Magister Geofisika dari Universitas Gadjah Mada pada 2013. Dzakiya mengawali karirnya sebagai dosen bidang Geologi pada 25 November 2014 di IST AKPRIND. Di Jurusan Teknik Geologi, ia mengampu mata kuliah Fisika I, Geofisika Eksplorasi, Geologi Bawah Permukaan, serta Kewirausahaan.

Selain aktif mengajar, Dzakiya juga aktif membimbing mahasiswa untuk berkompetisi pada beberapa program kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek. Dalam kurun waktu dua tahun, ia berhasil mengantarkan beberapa tim mahasiswa mendapatkan pendanaan dari Kemdikbudristek pada kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI), Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI), Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa (PHP2D), Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM), serta Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D). Untuk program P3D, ia berhasil mengantarkan Rahma Laila dan anggota timnya sebagai 1 dari 10 nominator Program Abdidaya 2021 sekaligus meraih pendanaan sebesar 50 juta rupiah. Dengan segudang prestasi yang Dzakiya raih, ia dianugerahi penghargaan sebagai Juara 1 Dosen Pembina dan atau Pembimbing Kegiatan Kemahasiswaan Terbaik pada IST AKPRIND Awards 2022 dalam rangka Dies Natalis ke-50 IST AKPRIND serta Dosen Pendamping Mahasiswa Lolos Pendanaan dalam KIBM Tahun 2020 dari Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebagai seorang dosen, Dzakiya juga aktif melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian terakhirnya berjudul Pencarian Air Tanah Menggunakan Metode Vertical Electrical Sounding untuk Mitigasi Bencana Kekeringan di Desa Wedomartani Kecamatan Ngemplak. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir karirnya sebagai dosen, ia telah berhasil menerbitkan lima jurnal (penulis pertama) dengan publikasi terakhirnya berjudul Study of Groundwater Types Using the Vertical Electrical Sounding (VES) Method in the “Martani Field” Ngemplak District of Yogyakarta yang terbit dalam Jurnal Internasional Terindeks: Journal of Applied Geospatial Information Vol. 5 No. 1 2021. Selain itu, ia menjadi Tim Reviewer Nasional PKM 5 Bidang dan PKM-GFK 2021 dan tercatat sebagai anggota Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) sejak tahun 2015.

Dengan segudang prestasi yang telah ia raih, Dzakiya menjadi incaran para mahasiswa untuk meloloskan proposal pendanaan pada kompetisi kemahasiswaan tingkat nasional. Beberapa mahasiswa mengaku, dengan bimbingannya, mereka yakin proposal lolos pendanaan. Hal ini terbukti dengan banyaknya proposal yang telah berhasil didanai. (humas)