Dua Tim Mahasiswa IST AKPRIND Berhasil Raih Pendanaan PKM 2022

0
163

Mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta terus membuktikan eksistensinya di kancah nasional. Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang diraih setiap tahunnya, baik itu dalam bidang akademik maupun nonakademik. Di bidang akademik, khususnya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), tim mahasiswa IST AKPRIND konsisten meloloskan proposal pendanaan Kemdikbudristek setiap tahunnya. Pada penyelenggaraan tahun 2022, IST AKPRIND berhasil meloloskan dua proposal. 

Pengumuman lolosnya dua proposal tim mahasiswa ini tertuang dalam surat Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor: 2489/E2/KM.05.01/2022 tertanggal 26 Mei 2022 tentang Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 Bidang Tahun 2022. Masing-masing proposal yang lolos pendanaan ini berada pada kategori berbeda, yakni PKM Penerapan IPTEK (PKM-PI) dan PKM Gagasan Video Konstruktif (PKM-GVK). 

Tim mahasiswa yang lolos pada kategori PKM-PI mengusung judul Mesin Pemipih Melinjo dengan Sistem Pengepresan untuk Mengoptimalkan Produksi Home Industry  Emping Melinjo di Sumberadi, Sleman. Keberhasilan tim ini tidak luput juga berkat kerjasama tim yang diketuai oleh Aris Budi Mulyono mahasiswa Program Studi Teknik Mesin, dengan anggota Nur Adinda Guswantoro Program Studi Teknik Mesin, Shefina Herawati dan Adinda Arum Tirta Melati Program Studi Teknik Industri, di bawah bimbingan Eka Sulistyaningsih, S.Si., M.Sc., dosen Program Studi Teknik Industri

Pada kategori PKM-GVK, tim mahasiswa IST AKPRIND meloloskan proposal dengan judul Forest, the Source of Life. Tim ini diketuai oleh Muhammad Al Faris mahasiswa Program Studi Teknik Industri, dengan anggota Tirta Meidival Effendi dan Irfan Mustofa dari Program Studi Teknik Industri, serta Putri Novitasari dari Teknik Lingkungan, di bawah bimbingan  Agus Hindarto Wibowo, S.T., M.Sc., dosen Program Studi Teknologi Industri. Proficiat untuk tim PKM Penerapan IPTEK (PKM-PI) dan PKM Gagasan Video Konstruktif (PKM-GVK) IST AKPRIND Yogyakarta! (humas)