Kolaborasi IST AKPRIND dan UNJAYA: Terapkan Teknologi Tepat Guna untuk Mendukung Ketahanan Pangan di Banjararum Kulon Progo

0
289

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (IST AKPRIND) bekerja sama dengan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (UNJAYA) melaksanakan Program Kosabangsa Tahun 2023 berupa penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) di tiga kelompok mitra, Selasa (21/11). Mitra pertama adalah Gapoktan Ngudi Makmur yang diketuai oleh Priyono dengan anggota 64 orang. Mitra kedua adalah Pokdarwis Arum Jaya, dengan jumlah anggota kelompok 56 orang, diketuai oleh Akhmad Bahrudin. Sedangkan, mitra ketiga adalah KWT Srikandi, diketuai oleh Muslimah, memiliki anggota kelompok 42 orang. Mitra-mitra tersebut berada di wilayah Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Peralatan TTG yang diterapkan antara lain penyedot asap produksi minyak kelapa, mesin pengemasan keripik singkong, instalasi air siap minum, solar cell, mesin pencacah (mixer) kompos, dan mesin pengiris singkong. Tak hanya itu, dilaksanakan juga upaya meningkatkan fasilitas dan pengelolaan obyek wisata Punthuk Ngepoh. Program tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui potensi ekonomi wilayah dengan masyarakat produktif.

Program Kosabangsa Tahun 2023 merupakan hasil kolaborasi antara Tim Pelaksana UNJAYA dan Tim Pendamping IST AKPRIND, dengan keseluruhan personil sebanyak 16 orang, terdiri dari 6 dosen dan 10 mahasiswa. Tim Pelaksana dari UNJAYA adalah dosen Program Studi (Prodi) Sistem Informasi yaitu Aris Wahyu Murdiyanto, S.Kom., M.Cs., dan Ahmad Hanafi, S.T., M.Eng., serta dosen Prodi Teknik Industri Ibnu Abdul Rosid, S.T., M.Sc., beserta 5 mahasiswa, yaitu Ayu Wulandari, Laela Tri Wulandari, Rahmi Alizia, Abian Rizani Ihsan, dan Putri Noviana Nih Pratama.

Sedangkan, Tim Pendamping IST AKPRIND melibatkan 3 dosen dan 5 mahasiswa yaitu, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., Ir. Purnawan , S.T., M.Eng., IPM., C.Ws., Ellyawan Setyo Arbintarso, S.T., M.Sc., Ph.D., serta 5 mahasiswa, yaitu Nizzar Izzudin Yatim Fadlan, Fx. Guntur Putra Susanto, Irfan Mustofa, Muhamad Na’im, Putri Novitasari. Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan tersebut diharapkan dapat memperluas wawasan dan pengetahuan serta memberi pengalaman riil dengan terlibat langsung pada kegiatan dan aktivitas masyarakat. (humas)