Pengabdian kepada Masyarakat: Dosen IST AKPRIND Dorong Keterampilan Jurnalistik di Kalurahan Triharjo

0
206

Dosen Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (IST AKPRIND), Sisilia Endah Lestari, S.Pd., M.Hum., menjadi narasumber pada acara Pelatihan Jurnalistik di Aula Balai Kalurahan Triharjo yang diselenggarakan oleh Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) Triharjo, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Sabtu (18/11).

Acara Pelatihan Jurnalistik yang dihadiri oleh anggota Karang Taruna Triharjo tersebut bertujuan untuk melatih para peserta pada proses penulisan berita dengan baik dan terstruktur, terutama untuk mengembangkan Desa Digital Triharjo. Materi yang disampaikan oleh Sisilia mencakup pentingnya jurnalistik dan kendala yang umumnya sering dihadapi pada penulisan berita untuk optimalisasi penggunaan sistem informasi di era digital.

Selain itu, Sisilia juga memaparkan materi mengenai jenis-jenis berita, struktur berita, dan komposisi berita. Pada akhir sesi, peserta Pelatihan Jurnalistik juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berlatih menulis berita.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Pemerintah Kalurahan Triharjo berharap kepada Karang Taruna untuk dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat guna menjadi penerus jurnalis yang andal di Kalurahan Triharjo. Pihaknya juga akan mengupayakan kegiatan serupa terus terlaksana agar peserta dapat terus mengembangkan kompetensi sehingga cakap dalam menghadapi era digital, khususnya di bidang jurnalistik.

Di sisi lain, kegiatan yang dilakukan oleh Sisilia merupakan sebuah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). PkM merupakan salah satu kewajiban sivitas akademika perguruan tinggi selain pendidikan dan penelitian. PkM juga merupakan kegiatan yang memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

PkM yang dilakukan oleh sivitas akademika IST AKPRIND mempunyai beragam bentuk, bergantung pada budaya akademik, keahlian, pengetahuan, dan kondisi sosial budaya masyarakat. Kegiatan tersebut merupakan tanggung jawab sosial dari perguruan tinggi terhadap masyarakat. Melalui Abdimas, diharapkan masyarakat menjadi lebih inovatif dan kreatif, dapat mengembangkan aktivitas sehari-hari menjadi aktivitas yang produktif, dan meningkatkan pendapatan. (humas)