IST AKPRIND mendapat kehormatan menjadi tuan rumah pelaksanaan Pendidikan Dasar (Diksar) Yudha XLI komando Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahakarta DIY. IST AKPRIND akan manjadi tempat karantina pada Kamis-Jum’at, (15-16/2) bagi peserta diksar sebelum nantinya akan dipusatkan di  Depo  Pendidikan (Dodik) Bela Negara Rindam IV/Diponegoro Magelang Jawa Tengah. Hal tersebut disampaikan komandan Satuan Tugas Diksar Yudha XLI Eko Tulus Wibowo saat beraudiensi dengan jajaran pimpinan IST AKPRIND Yogyakarta, Jum’at (9/2) pagi.

Dalam audiensi yang didampingi oleh pembina Satuan Resimen Mahasiswa Batalyon IST AKPRIND, Bambang Kusmartono, S.T., M.T., Eko Tulus Wibowo menekankan bahwa dalam diksar nanti lebih mengutamakan pada pembinaan mental. Sehingga nanti tidak akan menjurus pada kekerasan  secara  fisik. Eko menambahkan, nantinya lebih dari 260 mahasiswa dari 23 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Yogyakarta akan mengikuti kegiatan diksar ini. Pemateri dalam pembekalan teknis, akan menghadirkan instruktur dari Kementerian Pertahanan Pemerintah Daerah hingga Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan instruktur dan pelatih-pelatih yang kompeten serta berpengalaman tinggi, diharapkan peserta diksar mampu mengaplikasikan hasil pendidikannya untuk kemanfaatan bagi masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Rektor IST AKPRIND, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Skomen Mahakarta yang ingin menjadikan IST AKPRIND menjadi tempat karantina peserta diksar Yudha XLI tahun 2018 ini. Pihaknya berharap, baik panitia maupun peserta dalam menyelenggarakan diksar ini dapat sukses hingga akhir kegiatan nanti. IST AKPRIND turut berupaya akan menjadi tuan rumah yang baik dengan didukung keberadaan Unit Kegiatan Mahasiswa Menwa Batalyon V Yogyakarta. Sementara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama IST AKPRIND, Ir. Joko Waluyo, M.T., turut mendukung penuh dijadikannya IST AKPRIND dalam mengkarantina peserta Diksar. Keberadaan IST AKPRIND di jantung kota Yogyakarta menjadikan lokasi karantina mudah diakses oleh peserta serta pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan diksar ini .

IST AKPRIND sebagai perguruan tinggi selain sebagai tempat kuliah mahasiswa juga memiliki berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa, salah satunya adalah resimen Mahasiswa (Menwa). Melalui Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada tersebut, diharapkan mahasiswa nantinya bukan hanya memiliki kemampuan akademik dan hardskill namun juga memiliki kemampuan softskill. (tdj).