Mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta pada Unit Kegiatan Mahasiswa Aeromodelling akan ikut serta dalam ajang kompetisi “Nurtanio Flying Competition 2018” yang diselenggarakan oleh UNIVERSITAS NURTANIO BANDUNG dan UNNUR AEROMODELLING CLUB dengan 3 kategori perlombaan LIGA F2C, LIGA F2D seri 1 dan Liga Rubber Power yang dimana akan dilaksanakan pada tanggal 15 februari s/d 18 februari 2018 di Lanud Sulaiman Bandung.

Dari UKM Aeromodelling IST AKPRIND Yogyakarta sendiri yang di bina oleh Ir. H. Khairul Muhajir, M.T telah siap mengirimkan tim nya untuk ikut serta dalam ajang tersebut di Kategori Liga F2D “Combat”, sebanyak 15 mahasiswa dari beberapa mahasiswa jurusan Teknik Mesin, jurusan Teknik Informatika, dan jurusan Teknik Industri dalam event tersebut.

Aeromodelling sendiri adalah kegiatan perancangan, pembuatan dan penerbangan pesawat model yang lebih berat dari udara (Heavier Than Air) dimana gaya-gaya angkat yang diperoleh dari permukaan sayap dengan ukuran yang tertentu dengan atau tanpa motor dan tidak dapat membawa manusia. Olahraga aeromodelling adalah suatu permainan yang menggunakan peralatan canggih berteknologi tinggi. Para pemainnya (Aeromodeller) harus menguasai ilmu penerbangan dan memiliki motorik yang baik serta latihan secara berkesinambungan dan intensif. Atraksi pesawat aeromodelling juga sangat menarik untuk ditonton khalayak ramai yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan, prestasi dan rekreasi.

Di Indonesia, organisasi resmi aeromodelling adalah Pordirga Aeromodelling PB FASI. Untuk mengembangkan Olahraga Aeromodelling tersebut, Pordirga Aeromodelling selalu mengadakan kejuaran rutin yang sudah terjadwal baik pada tingkat daerah, nasional, dan Internasional. Dengan diadakannya kejuaraan-kejuaraan yang rutin dan berlanjut diharapkan dapat menambah prestasi, memberi wadah bagi para pemain, dan membawa kemajuan dibidang IPTEK khususnya bidang kedirgantaraan.

(adr)