IST AKPRIND kembali Jalin Kerjasama dengan Pemkab Bantul

0
31

IST AKPRIND Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menyepakati kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama. Dalam penandatanganan yang dilaksanakan di Ruang kerja Bupati Bantul, Senin (21/10) tersebut Rektor IST AKPRIND, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T bertindak atas nama IST AKPRIND, sementara Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono bertindak atas nama pemerintah kabupaten Bantul.

Rektor IST AKPRIND mengungkapkan bahwa kiprah IST AKPRIND di wilayah Kabupaten Bantul bukan hanya saat penandatanganan ini saja, namun sudah sejak beberapa tahun yang lalu. Pada awal tahun 2000 an, IST AKPRIND menjadikan Kecamatan Kasihan di Kabupaten Bantul menjadi salah satu wilayah tujuan Kuliah Kerja Nyata. Sementara pada peristiwa Gempa Bumi 2006, IST AKPRIND juga memiliki pos koordinasi bantuan gempa, baik untuk evakuasi, bantuan logistik maupun rekonstruksi pasca gempa di kecamatan Jetis, Bantul. Sementara pada tahun 2019 ini penerjunan mahasiswa untuk Kuliah Kerja Nyata di kecamatan Banguntapan. Sebelumnya kesepakatan bersama antara IST AKPRIND juga pernah ditandatangani saat kabupaten Bantul masih dipimpin oleh Drs. H. Idham Samawi. Dan terakhir pada tahun 2015 lalu IST AKPRIND kembali menandatangani kesepakatan bersama dengan Pemkab Bantul yang saat itu dipimpin oleh Hj. Sri Surya Widati. Untuk melanjutkan serta meningkatkan kerjasama antara para pihak, pada tahun 2019 ini kesepakatan bersama kembali diperbarui.

Penandatanganan kesepakatan bersama antara IST AKPRIND dengan Pemkab Bantul merupakan salah satu kerjasama dan sinergitas para pihak dalam rangka dilakukannya kerja sama Tridharma Perguruan Tinggi yaitu bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas manajemen pemerintahan, percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bantul. Penandatanganan kesepakatan bersama turut disaksikan oleh para Wakil Rektor IST AKPRIND, para Dekan Fakultas, serta KEtua Jurusan Teknik Informatika. Pda kesempatan ini juga ditandatangani perjanjian kerjasama antar IST AKPRIND dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) kabupaten Bantul. Kerjasama dengan Diskominfo meliputi kerjasama penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mendukung kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bantul. (tdj)