IST AKPRIND Jadi Mitra Pemkot Magelang pada Workshop Roket Terkendali

0
89
Pelaksanaan uji coba roket terkendali pada Workshop Roket Terkendali di lapangan belakang kantor Pemkot Magelang, Kamis (22/9). Dok: Tribunjogja/Nanda Sagita Ginting

Tim IST AKPRIND dipercaya oleh Pemerintah Kota Magelang menjadi fasilitator pada Workshop Roket Terkendali yang berlangsung di Aula Adipura kompleks kantor Pemkot Magelang, Kamis (22/9). Tim ini terdiri dari dosen Jurusan Teknik Elektro Dr. Samuel Kristiyana, S.T., M.T., Beny Firman, S.T., M.Eng., dan Sigit Priyambodo, S.T., M.T., dosen Jurusan Teknik Mesin Yuli Purwanto, S.T., M.Eng., serta dosen Jurusan Teknologi Mesin Taufiq Hidayat, S.T., M.Eng., dibantu oleh empat mahasiswa Jurusan Teknik Elektro dan lima mahasiswa Jurusan Teknik Mesin.

Workshop yang diselenggarakan oleh BAPPEDA Kota Magelang ini diikuti oleh 100 siswa tingkat SMP dan MTs se-Kota Magelang yang terbagi menjadi 24 tim. Satu tim terdiri dari tiga siswa, satu pembimbing sekolah, serta satu pembimbing dari IST AKPRIND. Siswa yang hadir antusias mengikuti setiap kegiatan pada workshop tersebut. 

Salah satu anggota tim fasilitator, Yuli Purwanto S.T., M.Eng., menyatakan pihaknya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat meningkatkan minat siswa terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Lebih lanjut, ia juga berterima kasih kepada BAPPEDA Kota Magelang yang telah mempercayakan teknologi yang dirancang oleh mahasiswa dan dosen IST AKPRIND untuk dipakai pada Kompetisi Roket Terkendali mendatang. 

Sementara itu, Kepala BAPPEDA Kota Magelang Handini Rahayu menuturkan penyelenggaraan Kompetisi Roket Terkendali yang diawali workshop ini berfokus untuk menumbuhkembangkan minat generasi muda terhadap sains dan teknologi. Ini semata untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi yang akan datang. 

“Diawali dari workshop ini, ada transfer pengetahuan dari dosen dan mahasiswa IST AKPRIND, melalui pendampingan di setiap sekolah di Kota Magelang,” ujarnya. 

Setelah kegiatan workshop usai, diadakan uji coba peluncuran sepuluh roket terkendali di lapangan belakang kantor Pemkot Magelang. Para siswa yang mengikuti tampak antusias pada sesi ini. Kegiatan workshop ini dihadiri langsung oleh Walikota Magelang dr. H. Muchamad Nur Aziz,Sp.PD,K-GH,FINASIM. (humas)