IST AKPRIND Gelar Workshop Optimalisasi Pembelajaran Daring bagi Dosen

0
315

Menyongsong akan dimulainya Kegiatan Perkuliahan Semester Gasal Tahun Ajaran 2021/2022, IST AKPRIND melalui Badan Pengembangan Pendidikan Aktivitas Instruksional (BP2AI) menyelenggarakan Workshop yang bertema Optimalisasi LMS untuk Meningkatkan Pembelajaran Daring. Bertempat di Ruang Sidang 1, Kampus Utama IST AKPRIND Yogyakarta, workshop berlangsung pada hari Selasa dan Rabu, 25-26 Agustus 2021. Penyelenggaraan acara yang dibagi menjadi dua hari bukan tanpa sebab, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Indonesia memaksa penyelenggaraan acara digelar dengan protokol kesehatan yang ketat dan peserta yang terbatas.

Setidaknya empat puluh dosen berpartisipasi dalam workshop yang diselenggarakan dalam dua hari ini. Workshop ini merupakan edisi ketiga setelah sebelumnya digelar workshop serupa pada 2020. Workshop dibuka dengan sambutan dari Dr. Emy Setyaningsih, S.Si, M.Kom., selaku Wakil Rektor III Bidang Alumni, Kemahasiswaan, dan Kerja sama. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Erna Kumalasari Nurnawati, S.T., M.T., dosen dari Program Studi Informatika. Penyelenggaraan workshop ini merupakan salah satu upaya BP2AI sebagai persiapan untuk menghadapi proses pembelajaran Semester Gasal 2021/2022 yang masih digelar secara daring melalui Learning Management System (LMS).

Kepala BP2AI, Siti Saudah S.Pd., M.Pd., menuturkan melalui penyelenggaraan workshop ini diharapkan pembelajaran daring melalui LMS akan lebih efektif dan optimal. Dosen dapat menggunakan LMS secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga mahasiswa dapat mengikuti proses pembelajaran sama baiknya ketika pembelajaran dilakukan secara luring. (rsw)