PKKMB IST AKPRIND, 6-8 September 2021

0
196

Masa pengenalan bagi mahasiswa baru tahun 2021 masih akan diselenggarakan secara daring. Hal ini dilakukan karena masih diterapkannya kebijakan PPKM darurat level-4 di Daerah Istimewa Yogyakarta, sekaligus upaya untuk mencegah penularan wabah Covid-19. Masa orientasi bagi mahasiswa baru sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 6 – 8 September 2021.

Pada tahun ini masa orientasi mahasiswa baru IST AKPRIND Yogyakarta mengalami perubahan nama. Jika sebelumnya dikenal dengan SASIDIWA, pada tahun ini berganti menjadi Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), mengacu pada surat yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tentang Pelaksanaan PKKMB 2021. Ketua PKKMB 2021, Dr. Samuel Kristiyana, S.T., M.T., dalam keterangan tertulisnya menuturkan bahwa PKKMB 2021 diselenggarakan mengacu pada Panduan Pengenalan Kegiatan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diterbitkan oleh Kemendikbudristek, sehingga nantinya materi yang disampaikan juga akan mengacu pada panduan tersebut. Secara umum materi yang akan disampaikan meliputi: kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara, sistem pendidikan tinggi di Indonesia; perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan kehidupan kampus pada masa pandemi; kesadaran lingkungan hidup dan kampus sehat; serta manajemen resiko, kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di perguruan tinggi.

PKKMB IST AKPRIND Yogyakarta 2021 mengangkat tema “Inovasi Teknologi dalam Pendidikan Karakter di Masa Pandemi, untuk Generasi yang Unggul.” Secara umum PKKMB 2021 bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi.

Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan PKKMB 2021:

  1. Memahami dan mengenali lingkuna barunya, terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi , sistem pembelajaran, dan kemahasiswaan;
  2. meningkatnya kesadaran berbangsa, bernegara, dan cita tanah air dalam diri mahasiswa baru;
  3. memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuhnya, pendidikan karakter dan pengembangan kompetensi bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari; dan
  4. Terciptanya persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan.

Mahasiswa baru yang hendak mengikuti PKKMB 2021, dapat mengisi formulir melalui link di bawah ini:

Daftar PKKMB 2021

Pendaftaran dapat dilakukan hingga 04 September 2021