IST AKPRIND 5 Besar PTN/PTS DIY versi Webometrics

0
37

IST AKPRIND menduduki peringkat 59 PTN/PTS Nasional pada akhir bulan Januari 2020 ini. dengan berada di peringkat 59, IST AKPRIND satu peringkat lebih baik dibandingkan pemeringkatan pada akhir bulan Juli 2019 lalu yang menduduki peringkat 60. Sementara khusus untuk perguruan Tinggi di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, IST AKPRIND tetap berada dalam 5 besar dibawah dua Perguruan Tinggi Negeri dan dua Perguruan Tinggi Swasta yaitu UGM, UNY, USD dan UST.

Posisi tersebut tersebut merupakan hasil pemeringkatan yang dilakukan oleh situs pemeringkatan Perguruan Tinggi diseluruh dunia, Webometrics. Webometrics adalah rintisan Cybermetrics Lab, yaitu kelompok penelitian yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas, lembaga penelitian terbesar di Spanyol.

Terdapat empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence, Impact, Openness, dan Excellence. Dengan komposisi penilaian Presence : 5 %, Impact: 50%, Openness : 10%, Excellence: 35%. Pemeringkatan sendiri secara rutin dilaksanakan dan di publikasikan setiap akhir bulan Januari dan Juli.

Sementara untuk peringkat 5 besar Indonesia masih didominasi PTN negeri yang memiliki di Indonesia seperti UI, UGM, ITB, ITS dan UNS. (tdj)

 

Lihat peringkat lengkap