Sukses Terselenggara, Puluhan Tim Ikuti Kompetisi Roket Terkendali Kolaborasi IST AKPRIND-Pemkot Magelang

0
102

Institut Sains dan Teknologi AKPRIND mengirim tim panitia pada ajang Kompetisi Roket Terkendali yang diselenggarakan oleh BAPPEDA Kota Magelang bekerja sama dengan IST AKPRIND, Kamis (29/9) di Stadion Moch. Soebroto, Magelang. Tim ini terdiri dari Dr. Samuel Kristiyana, S.T., M.T., Beny Firman, S.T., M.Eng., Sigit Priyambodo, S.T., M.T., Yuli Purwanto, S.T., M.Eng., Taufiq Hidayat, S.T., M.Eng., dengan empat mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, dan lima mahasiswa Jurusan Teknik Mesin

Tim IST AKPRIND hadir selain sebagai panitia penyelenggara, juga sebagai penyedia teknologi dalam kompetisi ini. Teknologi yang dipakai pada kompetisi ini berupa roket terkendali yang dilengkapi dengan dengan GPS untuk mengukur kecepatan dan ketinggian roket ketika diluncurkan, sensor yang dapat mencatat data kelembapan dan suhu ketika roket melayang di udara, serta menggunakan Arduino, yaitu sebuah perangkat yang dirancang untuk membuka parasut ketika roket akan mendarat. Dengan memanfaatkan Arduino, roket ini dapat dikendalikan menggunakan smartphone. Hal inilah yang membedakan roket yang dikembangkan oleh tim IST AKPRIND dengan roket air biasa yang digunakan pada kompetisi roket serupa. 

Perwakilan tim IST AKPRIND Beny Firman, S.T., M.Eng., berharap kompetisi roket serupa bisa digelar rutin setiap tahun, tak hanya di Kota Magelang, namun juga di kota-kota lain di Indonesia. Ia juga menuturkan bahwa ke depan tim IST AKPRIND akan terus berinovasi, khususnya untuk mengembakan roket terkendali sesungguhnya, yakni roket yang punya teknologi seperti drone. Yaitu roket yang terbang benar-benar dikendalikan dari jarak jauh.

Kompetisi Roket Terkendali merupakan inisiasi BAPPEDA Kota Magelang bersama IST AKPRIND. Sebanyak 30 tim yang berasal dari siswa-siswi tingkat SMP dan MTs se-Kota Magelang mengikuti ajang ini. Kompetisi ini dibuka secara simbolis dengan peluncuran roket terkendali oleh Wakil Wali Kota Magelang Drs. K.H. M. Mansyur, M.Ag., Kepala BAPPEDA Kota Magelang Handini Rahayu, S.T., M.Eng., Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Magelang, serta Kabid Litbang Bappeda Kota Magelang Didin Saepudin. (humas)