Kelompok Ternak Andhini Rejo Menerima Diseminasi Mesin Potong Rumput Gajah dan Mesin Pengaduk Kompos

0
151

Kelompok Ternak Andhini Rejo terletak di Bibis, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Kelompok Ternak Andhini Rejo memiliki usaha penggemukan sapi dengan jumlah  anggota 35 orang dan jumlah total sapi pada tahun 2022 sebanyak 70 ekor. Kendala yang dihadapi Kelompok Ternak Andhini Rejo saat ini adalah lamanya waktu persiapan pakan terutama saat pemotongan rumput gajah. Hal ini disebabkan karena pemotongan dilakukan secara manual. Kendala lain yang dihadapi saat ini adalah penggilingan limbah kotoran sapi dan sisa pakan untuk pembuatan kompos dilakukan manual sehingga kapasitas produksinya sangat rendah dan tidak bisa memenuhi permintaan kompos dari wilayah sekitarnya. Selain kendala tersebut, kelompok petani tersebut juga menghadapi masalah pencemaran lingkungan. Limbah kotoran dan sisa pakan tidak dapat dengan cepat diolah menjadi kompos sehingga terjadi penumpukan di sekitar kandang yang menyebabkan polusi bau.

Tim Pengabdian Masyarakat IST AKPRIND bersama dengan kelompok peternak Andhini Rejo bersinergi mengatasi permasalahan tersebut melalui Program Penerapan Iptek kepada Masyarakat (PIM) Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi tahun 2022. Menurut ketua tim Dr. A. A. Putu Susastriawan, S.T., M.Tech., IPM, diseminasi teknologi tepat guna berupa 1 unit mesin potong rumput dan 1 unit mesin pengaduk kompos dapat membantu kelompok peternak Andhini Rejo dalam menyiapkan pakan serta pembuatan kompos. Dr. Muchlis, M.Sc., dan Ir. Bambang W. Sidharta, M.T., menambahkan mesin teknologi tepat guna yang didiseminasikan sangat mudah untuk dioperasikan sehingga peternak dengan mudah dapat menggunakannya.

Mewakili anggota kelompok, Sarjiman selaku ketua kelompok menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan program PIM tahun 2022 ini. Mereka berharap mesin potong rumput dan mesin pengaduk kompos hasil dari program PIM ini dapat membantu peternak dalam menyiapkan pakan dan pembuatan kompos sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan produktifitas kelompok ternak Andhini Rejo.