Seminar Pengembangan Kepribadian “Rancang Masa Depanmu”

0
7

Mahasiswa baru IST AKPRIND Yogyakarta angkatan 2019 telah menempuh  perkuliahan selama setengah semester. Memanfaatkan hari tenang menjelang  ujian tengah semester, IST AKPRIND melalui bagian kemahasiswaan dan alumni  menyelenggarakan seminar Pengembangan Kepribadian untuk membantu  mengembangkan kepribadian mahasiswa agar mencapai efektifitas dan kesuksesan  di semua aspek baik dalam dalam berkuliah, kehidupan pribadi, terlebih  bermasyarakat. Mengangkat tema “Rancang Masa Depanmu”, seminar pelatihan  pengembangan kepribadian bagi mahasiswa baru angkatan 2019 diselenggarakan  di Auditorium, Senin-Selasa (11-12/11).

Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni IST AKPRIND, Eko Wijanarko, B.Sc mengutarakan bahwa mahasiswa sebagai insan dewasa harus dapat mengembangkan potensi secara maksimal, agar dapat memenuhi tuntutan sebagaimana diuraikan di dalam tujuan pendidikan tinggi. Mahasiswa diharapkan memiliki kecerdasan komprehensif, yang tidak hanya didapatkan atau menekuni ilmu dalam bidangnya saja (hardskill), tetapi juga harus beraktifitas untuk mengembangkan soft skills nya. Dua narasusmber yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Memet Sudaryanto, S.Pd., M.Pd, dosen Bahasa UNS dan Psikolog, Sylvi Dewajani, S.Psi., M.Sc., dari Spring Up Consultant. Eko menambahkan Pengembangan kepribadian yang pada dasarnya adalah meningkatkan dan merubah seseorang baik dari luar dan dalam diri untuk membawa perubahan positif bagi hidup. Setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda yang dapat dikembangkan, di poles dan disempurnakan. Proses ini termasuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang, memperbaiki komunikasi dan kemampuan berbicara, memperluas ruang lingkup pengetahuan, dan mengembangkan hobi tertentu.

Dalam pengembangan kepribadian kepribadian tersebut, mahasiswa mendapatkan materi mulai dari kemampuan berkomunikasi, Bekerja sama, kemampuan memimpin, kemampuan berorganisasi, kemampuan interpersonal, kemampuan beradaptasi, percaya diri, kemampuan analitical hingga instrospeksi diri / renungan. Secara umum, tujuan dilaksanakannya pelatihan pengembangan kepribadian bagi mahasiswa baru ini adalah untuk membantu mengembangkan kepribadian peserta mencapai efektifitas dan kesuksesan di semua aspek kehidupan pribadi, kuliah dan bermasyarakat. Peserta akan diarahkan untuk menjaga keseimbangan pikiran, perasaan, tindakan dan ketrampilan untuk menciptakan kehidupan yang diinginkan secara unggul dan profesional. (tdj)