Ekpo Wirausaha Muda AKPRIND 2019 “Dare to be Young Entrepreneur”

0
15

Minat mahasiswa IST AKPRIND dalam berwirausaha sangat tinggi. Beberapa kelompok mahasiswa bahkan mampu meloloskan proposal hibah Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang didanai oleh Kemenristekdikti dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun-tahun sebelumnya, kelompok mahasiswa IST AKPRIND juga mampu meloloskan proposalnya untuk didanai pemerintah melalui Kopertis (LLDIKTI) dalam Program Mahasiswa Wirausaha Bina Desa (MAUBISA). Sebagai upaya untuk memberikan ruang bagi mahasiswa untuk berwirausaha, serta menjaring mahasiswa lainnya untuk meningkatkan softskill melalui jiwa entrepreneur, IST AKPRIND menyelenggarakan ekspo Wirausaha bagi mahasiswa dan masyarakat umum melalui kegiatan bertajuk Expo Wirausaha Muda AKPRIND 2019.

Expo Wirausaha Muda AKPRIND 2019 mengangkat tema “Dare to be Young Entrepreneur” diselenggarakan selama dua hari, Senin-Selasa (10-11/11) dihalam kampus I IST AKPRIND. Ekspo dibuka oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T. Pada kesempatan tersebut hadir pula E. Ratna Utarianingrum, Direktur Industri Kecil dan Menengah Kimia, Sandang, Kerajinan dan Industri Aneka, (IKMA) Kementerian Perindustrian serta Tenaga Ahli Menteri Perindustrian, Jenri MP Panjaitan yang melihat langsung pelaksanaan Expo para mahasiswa IST AKPRIND.

Ketua Pelaksana kegiatan Eko Wijanarko, B.Sc., didampingi penanggung jawab Expo, Nurul Dzakiya, S.Si., M.Si., dan Berta Beni mengungkapkan bahwa Ekspo Wirausaha ini diikuti oleh 43 stand expo. Dari 43 peserta expo tersebut 32 peserta merupakan kelompok mahasiswa IST AKPRIND termasuk 13 kelompok mahasiswa peraih Hibah KBMI tahun 2018 dan 2019. Sementara 11 stand ekspo lainnya diisi oleh pihak dari luar IST AKPRIND. Eko menambahkan, respon masyarakat terhadap pelaksanaan expo ini sungguh diluar dugaan. Selain minat para wirausaha muda sangat tinggi, ternyata respon masyarakat umum terhadap pelaksanaan expo sangat luar biasa. Omzet total yang dihasilkan peserta ekspo bahkan mencapai angka 14 juta dalam satu hari. Harapannya expo wirausaha dapat dilaksanakan rutin sehingga mampu memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk manyalurkan kemampuan entrepreneurnya.

IST AKPRIND berupaya mendidik mahasiswanya untuk mengembangkan potensi agar menjadi berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa. Selain untuk menghasilkan lulusan yang menguasai cabang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa. Mahasiswa diharapkan memiliki kecerdasan komprehensif, yang tidak hanya didapatkan atau menekuni ilmu dalam bidangnya saja namun juga beraktifitas untuk mengembangkan soft skill seperti berwirausaha. (tdj)