Puluhan Mahasiswa IST AKPRIND ikuti Pertukaran Mahasiswa Nasional 2020

0
51

Puluhan Mahasiswa IST AKPRIND mengikuti kegiatan Pertukaran Mahasiswa Nasional 2020 yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanegara, Kamis (15-17/10). Kegiatan ini diikuti sekitar 1000 mahasiwa dari puluhan Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta dari seluruh Indonesia. Untuk menghindari adanya klaster baru penularan covid 19, Pertukaran Mahasiswa Nasional 2020 diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom.

Pertukaran Mahasiswa Nasional 2020 mengangkat tema “Membangun Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Nusantara dalam Mendukung Indonesia Maju”. Tema ini diangkat dengan harapan dapat mendorong mahasiswa untuk membuka dan menciptakan lapangan pekerjaan serta mendorong kesempatan kerja bagi orang lain. Sebab setiap tahun dibutuhkan paling tidak tiga juta lapangan pekerjaan. Sehingga perguruan tinggi mesti kreatif dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul yakni tenaga profesional guna memasuki dunia pekerjaan.

Beberapa materi yang disajikan antara lain Kreativitas , Inovasi, dan Kolaborasi dalam Kewirausahaan, Strategi mambangun Start up bisnis, CEO Talks, Tatacara Pendirian PT, Kiat-kiat mendaftarakan HKI, Ketrampilan Komunikasi dan Negoisasi. Pertukaran Mahasiswa Nasional 2020 merupakan bentuk implementasi dari Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang digaungkan Kemendikbud. Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi interaksi dosen, mahasiswa, serta pelaku usaha sehingga terbentuk jejaring atau networking. Kegiatan selama tiga hari ini diharapkan mampu melahirkan startup baru sekaligus menjadi entrepreneur baru. Banyaknya mahasiswa IST AKPRIND yang mengikuti kegiatan ini menempatkan posisi IST AKPRIND menjadi Perguruan tinggi dengan Peserta Terbanyak ke IV diantara perguruan tinggi lainnya. (tdj)