Kuliah Umum Computer Vision Bersama Dr. Ruri dari Universitas Dian Nuswantoro, Semarang

0
96

Computer Vision atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Pencitraan Komputer merupakan sebuah cabang teknologi yang memungkinkan sebuah komputer untuk mengamati objek di sekitarnya. Computer vision memungkinkan mesin untuk mengenali dan menganalisis item dengan cara yang sama seperti yang dilakukan manusia. Computer vision menggabungkan kamera, komputasi edge, komputasi berbasis cloud, perangkat lunak, dan Artificial Intelligence (AI) untuk membantu sistem “melihat” dan mengidentifikasi objek. Di era industri 4.0, Computer Vision dimanfaatkan untuk berbagai bidang strategis, seperti pertanian, industri, bisnis, kesehatan, serta transportasi. 

Computer Vision boleh dibilang sebagai elemen terpenting pada kehidupan manusia di era industri 4.0. Maka menjadi penting untuk dapat menguasai ilmu yang berkaitan erat dengan computer vision. Menjawab kebutuhan ini, Jurusan Rekayasa Sistem Komputer IST AKPRIND berkolaborasi dengan Jurusan Informatika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Bisnis Digital IST AKPRIND dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu menyelenggarakan sesi kuliah umum dengan tema Computer Vision di Era Industri 4.0

Sesi kuliah umum diselenggarakan di Auditorium Kampus 1 IST AKPRIND, Rabu (7/12). Pemateri yang hadir merupakan Dr. Ruri Suko Basuki, M.Kom., dosen Prodi Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro, Semarang yang ahli di bidang Computer Vision, AI, dan Soft Computing. Lebih dari 200 mahasiswa dari berbagai jurusan di IST AKPRIND serta mahasiswa dari Universitas Bengkulu mengikuti sesi kuliah umum yang digelar secara luring dan daring. Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., membuka sesi kuliah umum ini secara simbolik.

Ketua Jurusan Rekayasa Sistem Komputer IST AKPRIND, Dra. Dwi Setyowatie, M.T., pada sambutannya menyatakan kuliah umum ini diselenggarakan guna memberikan nilai tambah, terutama wawasan di bidang Computer Vision bagi mahasiswa. Selain itu, diharapkan melalui kegiatan ini mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dari narasumber di bidang keilmuan tersebut saat berkecimpung di dunia kerja, sehingga nantinya mahasiswa dapat memiliki motivasi untuk berkarir di industri yang diminati. Kegiatan ini juga merupakan salah satu realisasi dari Memorandum of Agreement (MoA) antara Jurusan Rekayasa Sistem Komputer dengan Universitas Bengkulu. 

Dr. Ruri pada kegiatan ini menyampaikan materi terkait dengan cara kerja Computer Vision, pemanfaatan computer vision di beberapa bidang industri, seperti industri manufaktur, sistem transportasi, dan bidang kesehatan. Ia juga memberikan beberapa contoh pemanfaatan Computer Vision dalam lini kehidupan sehari-hari, seperti pemanfaatan pada fitur face recognition di smartphone dan fitur Scan QR untuk metode pembayaran nontunai.  

“Cara kerja computer vision sendiri terbagi menjadi 3 tahap, yakni image analysis, image processing, dan image interpretation. Belajar computer vision berarti juga akan mempelajari AI dan Internet of Things (IoT),” ungkapnya. 

Kuliah umum ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama Dr. Emy Setyaningsih, S.SI., M. Kom., Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis Dr. Ir., Amir Hamzah, M.T., serta jajaran ketua jurusan dan dosen yang menginisiasi kegiatan ini. (humas)