Juara 3 di Kelas F2D (combat) “Nurtanio Flying Competition”

0
185

 

Kembali UKM Aeromodelling IST AKPRIND Yogyakarta yang di bina oleh Ir. H. Khairul Muhajir, M.T yang telah mengirimkan tim nya untuk ikut serta dalam ajang tersebut di Kategori Liga F2D “Combat” yang di adakan Universitas Nurtanio “Nurtanio Flying Competition” pada tanggal 15 Februari s/d 18 Februari 2018 di Lanud Sulaiman Bandung. UKM Aeromodelling berhasil mendapatkan juara 3 di kelas F2D (combat) yang dijuarai atas nama Nurmustakim (132036012) mahasiswa jurusan tehnik mesin.

F2D (COMBAT) sendiri adalah sebuah pertandingan dimana dua buah model diterbangkan bersama-sama, dalam lingkaran yang sama oleh masing-masing pilotnya, dalam jangka waktu yang telah ditentukan, dengan tujuan saling memotong pita kertas crepe yang terpasang di bagian belakang sumbu bujur model lawannya; nilai akan diberikan untuk setiap pemotongan.

Definisi Model Combat Model dimana tenaga penggeraknya diperoleh dari motor atau motor-motor dan gaya angkat didapat dari gaya-gaya aerodinamik pada permukaan-permukaan yang harus tetap tidak bergerak selama terbang, kecuali bidang-bidang kemudinya.

Di Indonesia, organisasi resmi aeromodelling adalah Pordirga Aeromodelling PB FASI. Untuk mengembangkan Olahraga Aeromodelling tersebut, Pordirga Aeromodelling selalu mengadakan kejuaran rutin yang sudah terjadwal baik pada tingkat daerah, nasional, dan Internasional. Dengan diadakannya kejuaraan-kejuaraan yang rutin dan berlanjut diharapkan dapat menambah prestasi, memberi wadah bagi para pemain, dan membawa kemajuan dibidang IPTEK khususnya bidang kedirgantaraan. (adr)