IST AKPRIND dan CV Tirta Shahadah Jalin Kerja Sama, Tingkatkan Kolaborasi Pendidikan dan Industri

0
307
Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara IST AKPRIND dan CV Tirta Shahadah, Selasa (6/6).

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (IST AKPRIND) menjalin kerja sama strategis dengan CV Tirta Shahadah. Kerja sama ini diawali dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU), Selasa (6/6). IST AKPRIND diwakili oleh Rektor Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom., sementara CV Tirta Shahadah diwakili oleh Manajer Operasional Up. Widodo Yoga Harjana, S.E. 

Mewakili IST AKPRIND, Dr. Emy menyatakan harapannya bahwa melalui program kerja yang akan dilaksanakan oleh kedua pihak, dapat memberikan manfaat serta menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Ia juga mengungkapkan keberhasilan kerja sama sebelumnya dengan UMK Shibiru Temanggung dalam pengembangan produksi pewarna alami. IST AKPRIND telah mendampingi UMK tersebut melalui program Kedaireka Kemdikbudristek, yang melibatkan mahasiswa dari mulai proses produksi sampai pengurusan izin ekspor. Kerja sama melalui Kedaireka ini bertujuan untuk menghubungkan institusi pendidikan, industri, dan masyarakat secara sinergis. 

Sementara itu Widodo Yoga Harjana menyampaikan keunggulan air minum sebagai pasar yang memiliki potensi besar, terutama di DIY yang menjadi kiblat penjualan air di Indonesia. Pada program kerja yang akan dilaksanakan, salah satunya yang melibatkan mahasiswa yaitu magang, mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut akan langsung terlibat dalam kegiatan di CV Tirta Shahadah. Hal tersebut memungkinkan mahasiswa mengimplementasikan ilmu yang didapat selama di perkuliahan. Pada akhir program, mahasiswa yang berpartisipasi akan diberikan sertifikat yang mencantumkan kompetensi keahlian yang telah dipelajari selama magang. 

Kerja sama antara IST AKPRIND dan CV Tirta Shahadah diharapkan akan memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak. Dengan menggabungkan pendidikan, industri, dan masyarakat, kerja sama ini diharapkan mampu menciptakan inovasi dan solusi yang dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi produksi air minum, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat secara luas. (humas)