Dosen IST AKPRIND Kembangkan Sistem Informasi Pengendalian Mutu Balai Laboratorium

0
26

Kiprah dosen IST AKPRIND tidak hanya di kelas dengan menyampaikan materi perkuliahan tetapi juga berkontribusi di masyarakat baik lingkungan kemasyarakatan ataupun di perusahaan/ instansi pemerintah. Dengan adanya kiprah ini tentunya diharapkan adanya jalinan kerja sama antara dunia pendidikan dan industri/ instansi pemerintah.

Dosen Informatika, RR. Yuliana Rachmawati Kusumaningsih.ST.,MT dan Erfanti Fatkhiyah, S.T.,M.Cs belum lama ini mendapatkan kepercayaan dari Dinas Lingkungan Hidup & Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengembankan  Sistem Informasi Pengendalian Mutu Balai Laboratorium.

Erfanti Fatkhiyah, S.T.,M.Cs menyampaikan  rintisan kerja sama dalam  mengembankan  Sistem Informasi Pengendalian Mutu Balai Laboratorium ini dilandasi  sistem yang ada selama dalam pengendalian sistem jaminan mutu  dilakukan secara manual. Dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan teknis maupun non teknis perlu dibuat suatu sistem yang dapat mengakomodir kepentingan tersebut dengan hasil yang lebih cepat, tepat dan efisien dalam biaya maupun tenaga SDM.

Adanya sistem ini diharapkan,  Sistem i membantu dalam pelayanan sehingga terciptanya “paperless”, Pelanggan tidak perlu datang langsung untuk bisa mendaftarkan sampel uji serta Proses pelayanan dilakukan secara real-time dan pemrosesan dilakukan secara up to date, tambah Erfanti

Sementara Rr. Yuliana Rachmawati Kusumaningsih.ST.,MT  menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan wujud kontribusi dosen Informatika dalam mengembangkan keilmuan dan implementasi di luar perkuliahan terutama dalam pengembangan system informasi. Sistem yang dibangun tentunya akan mempermudah masyarakat sehingga system dilengkapi berbagai fitur seperti Informasi yang diberikan aktual dan dapat diakses langsung oleh pelanggan tanpa harus datang ke laboratorium pengujian, Sistem ini memberikan informasi ketika pengajuan sudah melebihi jam pelayanan, Pelanggan hanya tinggal datang ke laboratorium dengan membawa sampel uji yang ingin diujikan, Fitur ini memungkinkan pelanggan dapat mengirimkan bukti pembayaran di dalam sistem serta Sistem ini bisa diakses oleh pelanggan kapan pun dan dimana pun, imbuh Yuliana. (ist)