LDKM HUMANIKA 2018

0
421

Program Studi Teknik Informatika, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta bekerja sama dengan HUMANIKA (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) 2018, melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan dan Makrab (Malam Keakraban) yang melibatkan para mahasiswa baru Teknik Informatika di IST AKPRIND Yogyakarta. Kegiatan ini mendapat apresiasi yang positif dari para peserta dan dosen yang terlibat. Solidaritas dan kekompakan para peserta diuji dengan berbagai agenda kegiatan yang sangat menyenangkan.

Latihan Dasar Kepemimpinan dan Makrab (LDKM) adalah salah satu kegiatan yang tercantum dalam program kerja HUMANIKA 2018. Acara yang lebih ditujukan kepada mahasiswa baru tersebut diselenggarakan selama 3 hari, Jumat-Minggu (5-7/10) di Agromina Wisata Karangasri yang terletak di Pakem, Sleman, Yogyakarta. Pemilihan Agromina Wisata Karangasri untuk menjadi tempat pelaksanaan kegiatan, menurut salah satu dosen Jurusan Teknik Informatika, Rr. Yuliana Rachmawati, S.T., M.T , karena tempatnya luas dan asri membuat para peserta kegiatan merasa senang dan semangat untuk melakukan aktivitas dalam maupun luar ruang.

Sementara ketua Jurusan Teknik Informatika, Uning Lestari, S.T., M.Kom, menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk menanamkan kembali nilai-nilai dasar kepemimpinan dan malam keakraban dalam diri para peserta melalui suatu kegiatan yang menyenangkan. Uning Lestari menambahkan bahwa kegiatan ini tidak terdapat unsur kekerasan sama sekali, baik kekerasan fisik maupun verbal. Para panitia yang terbentuk dari HUMANIKA 2018 telah merancang kegiatan LDKM dengan baik serta menyisipkan acara yang semakin memeriahkan kegiatan ini, yaitu makrab. Pada makrab para peserta diajak untuk berenang-senang dan memeriahkan dengan menampilkan pentas seni, sehingga meningkatkan solidaritas di antara sesame mahasiswa baru Teknik Informatika. Hasilnya adalah para peserta sekaligus panitia yang terlibat dalam Latihan Dasar Kepemimpinan dan Makrab (Malam Keakraban) ini menjadi semakin mengenal satu sama lain dan kompak dalam interaksinya.

Solidaritas yang telah didapatkan dari malam keakraban dipraktekkan langsung dalam outbound di pagi harinya. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan diarahkan untuk saling beradu strategi. Bukan menang atau kalah yang membuat pelaksanaan outbound menjadi menarik, namun kekompakan dari masing-masing regu untuk menjadi team yang solid. Kegiatan yang diselenggarakan oleh HUMANIKA 2018-Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta ini merupakan sarana yang tepat utuk membangun solidaritas diantara mahasiswa baru Teknik Informatika. Di samping itu, kegiatan ini telah mampu membuat para mahasiswa baru Teknik Informatika IST AKPRIND Yogyakarta menjadi kompak dalam hal yang positif. Nilai-nilai yang didapatkan pun tidak hanya sekedar didengarkan saat seminar, namun diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan perkuliahan menjadi lebih menyenangkan, pertemanan pun menjadi lebih kompak. (tdj/ist)