Workshop Peningkatan Kemampuan Penelitian, Abdimas, & Publikasi

0
152

Dalam rangka menuju visi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IST AKPRIND Yogyakarta yaitu unggul dalam mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis sains dan teknologi, LPPM IST AKPRIND telah menetapkan beberapa misi, diantaranya adalah, meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan serta meningkatkan jejaring penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan Perguruan Tinggi lain dan Instansi terkait.

Sesuai dengan visi dan misi tersebut, LPPM IST AKPRIND terus berupaya melaksanakan berbagai program dengan tujuan dan sasaran yang akan dicapai dalam jangka 5 (lima) tahun ke depan yaitu tahun 2016-2010, adalah mendorong publikasi berkualitas, serta memperbanyak jumlah perolehan paten dan hak kekayaan intelektual. Berdasarkan latar belakang tersebut, LPPM IST AKPRIND akan menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kemampuan Penelitian, Abdimas, & Publikasi Internasional Dosen IST AKPRIND dalam Rangka Akreditasi Institusi di Auditorium IST AKPRIND, Kamis (23/4)

Workshop tersebut menghadirkan 2 orang narasumber yang cukup menjanjikan dalam bidang penelitian yaitu Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc. serta Guru Besar termuda Fakultas teknik, Universitas Sebelas Maret, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T.

Kepala LPPM IST AKPRIND, Dr. Ir. Sidarsono, M.T mengungkapkan bidang penelitian  IST AKPRIND mengalami peningkatan kualitas ini dibuktikan dengan peringkat LPPM yang sebelumnya Binaan menjadi Madya. Berdasarkan evaluasi diri sebagaimana tercantum dalam Rencana Induk Penelitian, juga diketahui bahwa sivitas akademika IST AKPRIND Yogyakarta memiliki komitmen yang tinggi terhadap perkembangan penelitian. Namun di sisi lain, kuantitas maupun kualitas penelitian yang dilakukan selama ini dirasa masih kurang, karena keterbatasan dana dan Sumber Daya Manusia, sehingga membutuhkan upaya kreatif yang lain untuk mendapatkan dukungan dana.

Acara yang dibuka oleh rector, Dr. Ir. Amisr Hamzah, M.T dan ditutup oleh Wakil Rektor I, Drs. Yudi Setiyawam, M.S., M.Sc. tersebut diikuti oleh seluruh dosen IST AKPRIND Yogyakarta. (tdj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here