Dosen Teknik Mesin bantu Alat Peniris Minyak bagi Kelompok Petani Jamur

0
306

Kelompok Tani Pesona Jamur merupakan kelompok tani yang fokus pada produk yang berhubungan dengan tanaman jamur. Kelompok tani yang berlokasi di Klangon, Argosari Sedayu Bantul ini melayani berbagai jenis baglog jamur, berbagai macam bibit jamur, melayani konsultasi masalah budidaya jamur hingga mengolah produk jamur untuk konsumsi. Kelompok tani dibawah pimpinan Rokijan ini saat ini sedang fokus dalam mengembangkan produk olahan jamur utamanya keripik jamur tiram. Namun didalam proses pengolahannnya, Rokijan dan anggitanya mengalami permasalahan yaitu hasil olahan keripiknya masih memiliki kandungan minyak yang tinggi. Sehingga keripik jamur tiram kualitasnya kurang bagus karena kurang kering sehingga menjafi kurang krispi. Oleh sebab itu Rokijan bersama kelompok tani pesona jamur mencoba menggandeng IST AKPRIND Yogyakarta untuk mengatasi permasalahan tersebut.

IST AKPRIND Yogyakarta yang memiliki 9 jurusan merespon permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat tersebut. Melalui program pengabdian kepada masyarakat, IST AKPRIND menerjunkan tiga dosen dari jurusan Teknik Mesin untuk mengurai permasalahan tersebut. Satriawan Dini H, S.T.,M.Eng., Venditias Yudha, S.T., M.Eng., serta Nur Hayati, A.T., M.Eng., mencoba mencari solusi masalah untuk membuat keripik jamur agar lebih kering dan krispi dengan penerapan teknologi tepat guna atau TTG. Ketiga dosen tersebut menggunakan TTG berupa alat peniris minyak bagi kelompok Tani Pesona Jamur. Harapannya dengan penerapan TTG ini mampu menjadi solusi agar kualitas keripik jamur tiram menjadi lebih bagus. Para dosen juga memberkan pelatihan bagi anggota kelompok yang didominasi perempuan tersebut. Pelatihan meliputi bagaimana cara mengoperasikan alat peniris minyak hingga bagaimana cara merawat alat tersebut agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan tiga dosen IST AKPRIND merupakan salah satu pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi. Sementara dua dharma lainnya adalah pelakasanaan pembelajaran ataun pengajaran dan kegiatan penelitian. Denga pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, diharapkan kehadiran perguruan tinggi baik melalui dosen maupun mahasiswa mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dengan mwmwcahkan permasalahan-permasalahan yang sering muncul ditengah-tengah masyarakat. (tdj)