5 Kelompok Mahasiswa IST AKPRIND Raih Hibah KBMI

0
168

Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki kemampuan kreatif dan inovatif Kekurangan dari kemampuan tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Dan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan percepatan pertumbuhan wirausaha baru di Perguruan Tinggi, Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta dengan serius mendorong semua kegiatan berwirausaha di duniakampus, salah satunya adalah dengan mengikuti semua kegiatan yang di danai dari Kementerian Riset & Teknologi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, salah satunya adalah, mengikuti Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI).

Diharapkan dengan mengikuti kegiatan tersebut, dapat mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreatifitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi, dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, serta diharapkan mahasiswa mampu memanfatkan peluang untuk mengimplemantasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuninya.

Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta, EkoWijanarko, B.Sc mengatakan, dalam Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia tahun 2017 yang didiadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam hal ini adalah Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Mengirimkan 21 Proposal Program Wirausaha tersebut. Setelah melalui proses penilaian proposal, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta berhasil lolos 5 Proposal untuk didanai sebagai Program Bisnis Mahasiswa. Program yang lolos didanai adalah :

Kategori Produksi/Budidaya :

  1. Buaya Kota (Budidaya Ikan Koi (Cyprinus Carpio) Kolam Terpal
    • Bagus Iswharyan (Jurusan Teknik Geologi)
    • Dosen Pembimbing Cyrilla Indri Parwati, ST.,MT
  2. Budidaya Belut Kualitas Ekspor
    • Ardian Trihudi Wibowo (Jurusan Teknik Kimia)
    • Dosen Pembimbing : BambangKusmartono, ST., MT

Kategori Industri Kreatif :

  1. “Coffe Shop Gallery With Javanese Bar Batik Angka dan Condrosengkolo Hari Bersejarah dan Hari Lingkungan Hidup”
    • Michael Reno Sadewo (Jurusan Teknik Lingkungan)
    • Dosen Pembimbing: Dra. Sri Sunarsih, M.Si
  2. Smart Bag Plus : Tas Edukatif sebagai Media Interaktif Belajar Matematika yang Ekonomis dan Ramah Lingkungan
    • Andi KarmilaSaputri (Jurusan Statistika)
    • Dosen Pembimbing : Aji Pranoto, S.Pd., M.Pd

Kategori Jasa dan Perdagangan :

  1. Cukur Barbershop, harga Irit Pulang Hits
    • Setiadi (JurusanTeknik Kimia)
    • Dosen Pembimbing: AjiPranoto, S.Pd., M.Pd

Dengan Nilai Total Pendanaan Penugasan sebesarRp. 80.000.000,- (Delapan Puluh Juta Rupiah) dan Perlu diketahui bahwa Mahasiswa Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan Pendanaan dan penugasan yang terbanyak dari sisi Proposal yang Lolos didanai dan dari sisi besarnya dana yang diterima.

Disampaikan juga oleh EkoWijanarko, B.Sc, untuk meningkatkan ketertarikan berwirausaha dikalangan mahasiswa, Institut Sains &Teknologi AKPRIND Yogyakarta selalu mengadakan pelatihan wirausaha, pembekalan berwirausaha kepada calon wisudawan, serta selalu mendorong dan mengawal mahasiswanya untuk selalu mengikuti kompetisi-kompetisi bisnis dan wirausaha yang diadakan.