Kalangan pelajar atau remaja merupakan masa-masa dalam mencari jatidiri. Karena pada masa tersebut juga merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa.Pada masa ini sering menjadi titik awal penentu masa depan pelajar tersebut. Beberapa orang justru menjadi terpuruk karena pada masa remaja justru terjerumus pada kegiatan dan hal-hal yang negatif. Sementara disaat yang bersamaan juga banyak remaja mampu berprestasi untuk mengharumkan negeri ini. Melihat fenomena tersebut, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika IST AKPRIND Yogyakarta sebagai salah satu lembaga yang menghasilkan teknisi-teknisi muda, merasa bertanggung jawab untuk mengadakan kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang peranan penting Ilmu Teknologi, khususnya bagi generasi muda. Dalam usaha mewujudkan dan memfasilitasi tujuan tersebut diadakan kegiatan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) IV Informatika untuk tingkat SMA/SMK/MA/ di Auditorium IST AKPRIND, Senin (13/11).

Dengan mengambil tema ”Kontribusi Pelajar Menuju Indonesia Digital”,LKIR yang dibuka oleh Rektor IST AKPRIND, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., ini mampu mengumpulkan puluhan karya ilmiah dari berbagai SMA/SMK/MA/ di Indonesia. Dari puluhan karya ilmiah yang masuk ke Panitia, selanjutnya diseleksi untuk mendapatkan 15 karya ilmiah terbaik yang selanjutnya akan dipresentasikan di hadapan dewan juri. Penanggungjawab kegiatan yang juga Ketua Jurusan Teknik Informatika, Uning Lestari, S.T., M.Kom, menyampaikan bahwa LKIR 2017 telah melebarkan diri dari sisi peserta. Pada LKIR I-III peserta hanya dibatasi untuk wilayah Jateng dan DIY saja, sementara LKIR 2017 ini turut diikuti pula oleh siswa-siswa dari pulau Sumatra seperti Palembang, Bengkulu serta dari SMA di Jawa bagian timur. Melalui kegiatan ini Uning berharap siswa-siswa sekolah dapat menanamkan kesadaran mengenai peran penting Ilmu teknologi dalam tata hubungan mengubah dunia menjadi lebih baik serta memberikan wawasan bagi seluruh peserta pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, mengenai konsep teknologi dalam memberi kontribusi terhadap perencanaan pembangunan yang merata serta berkelanjutan di Indonesia. Selain itu juga dapat dapat menjaring bibit-bibit unggul yang berkarakter kuat dengan visi dan misi teknologi, sehingga memahami peran penting Ilmu teknologi dalam konteks bidang kehidupan, pemerintahan, pendidikan, lingkungan, dan layanan masyarakat yang ujungnya nanti mampu meningkatkan daya saing kompetensi siswa, khususnya pada Ilmu teknologi.

Lomba Karya Ilmiah Remaja IV Informatika untuk tingkat SMA/SMK/MA/sederajat merupakan bentuk kegiatan kreativitas unggulan dalam bidang teknologi di Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sumber pengetahuan bagi siswa SMA/SMK/MA/sederajat untuk menyikapi pentingnya ilmu teknologi dalam memberikan konstribusi terhadap pengambilan keputusan untuk perencanaan pembangunan yang merata dan berkelanjutan di Indonesia. Karya Ilmiah Remaja Tingkat SMA/SMK/MA/sederajat didesain dengan berorientasi pada peningkatan daya saing kompetensi siswa yang mencakup aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Ketiga parameter ini dijadikan sebagai tolak ukur kesuksesan dalam pembelajaran setiap siswa untuk menghadapi persaingan global. Pada dasarnya, Lomba Karya Ilmiah Remaja IV Informatika tingkat SMA/SMK/MA/sederajat diharapkan mampu meningkatkan citra Yogyakarta sebagai kota pelajar. (tdj)