Kita ketahui bahwa dewasa ini kesadaran untuk peduli lingkungan di kalangan pemuda semakain berkurang , Padahal lingkungan perlu kita jaga kelestarian agar tidak merusak ekosistem di alam, lingkungan sangat berarti bagi makhluk hidup tidak terkecuali (manusia) yang sangat bergantung pada lingkungan. Sehingga sebuah gerakan peduli lingkungan dapat dilakukan mulai dari hal yang kecil hingga sebuah kegiatan yang besar. Seperti  tidak membuang sampah sembarangan, apabila kebiasaan kita membuang sampah pada tempatnya merupakan awal dari kegiatan peduli lingkungan. Dan  kegiatan peduli lingkungan dalam bentuk lain dilakukan oleh mahasiswa teknik mesin IST AKPRIND Yogyakarta dengan penanaman Pohon Mangrove di kawasan mangrove wanatirta, Jangkaran, Temon, Kulon progo, Sabtu (16/11).

Penanaman Mangrove yang bekerja sama dengan Lembaga kawasan mangrove wanatirta kulonprogo tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Anniversary 25TH Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) IST AKPRIND Yogyakarta. Dengan mengangkat tema “TOGETHER STRONGER” berarti kekuatan bersama,   bermaksud untuk mengajak kita bahwa dengan bersama-sama kita akan menjadi kuat terutama dalam melestarikan lingkungan. Ketua Panitia kegiatan Wahyu Yoga Setyawan mengatakan bahwasannya lingkungan pesisir pantai sangat perlu di jaga kelestarian lingkungannya. Mahasiswa yang juga menjabat sebagai  staf departemen Pend. dan Jurnalistik dalam Himpunan Mahasiswa Mesin tersebut mengatakan bahwa tujuan Kegiatan ini merupakan upaya ntuk memperkenalkan Jurusan Teknik Mesin khususnya IST AKPRIND Yogyakarta kepada masyarakat luas serta menciptakan wadah dalam berkreasi dan melatih kemampuan berorganisasi serta mempererat persahabatan antara mahasiswa teknik mesin, pelajar dan masyarakat luas. Selain itu juga merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Arif menambahkan bahwa kegiatan ini natinya bukan hanya akan diikuti oleh mahasiswa Teknik Mesin IST AKPRIND saja melainkan juga akan diikuti oleh dosen, serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lain yang tergabung dalam dalam FKTMJ ( Forum Komunikasi Teknik Mesin Jogja).

Sementara Ketua Jurusan Teknik Mesin IST AKPRIND, Nidia Lestari, S.T., M.Eng berharap melalui kegiatan ini dapat mengenalkan lebih jauh masyarakat mengenai kampus IST AKPRIND Yogyakarta terutama Jurusan Teknik Mesin. Juga sebagai upaya penghijaun dan penahan abrasi di daerah pesisir pantai serta memupuk rasa lebih mencintai lingkungan khususnya di daerah pesisir pantai bagi mahaciswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya..

Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) adalah organisasi kemahasiswaan dibawah Jurusan Teknik Mesin. Keberadaan Himpunan Mahasiswa Mesin merupakan upanya positif untuk mengarahkan mahasiswa berperan aktif dalam kegiatan yang positif dan kreatif. Disamping itu juga mampu membangun karakter mahasiswa yang matang dalam berfikir, pandai bersosialisasi, teoritis dalam menyikapi permasalahan, dan bisa melihat soft skill diluar kegiatan perkuliahan. Usia 25 tahun merupakan usia yang panjang dan matang bagi sebuah HMJ. Sehingga peringatan ulang tahun mempunyai makna penting bukan hanya sebagai penanda bertambahnya usia, tetapi juga sebagai ucapan penuh syukur dan kebahagiaan untuk semakin dewasa dan lebih baik dalam berkarya serta memberikan manfaat bagi masyarakat. (tdj)