Pengurus Yayasan Pembina Potensi Pembangunan Yogyakarta beserta pimpinan IST AKPRIND melakukan kunjungan pada kegiatan kuliah Geologi Lapangan yang diikuti oleh mahasiswa Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral (FTM), di kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (18/1). Kunjungan ini dalam rangka menghadiri undangan dari panitia kegiatan untuk melihat secara langsung pelaksanaan kegiatan Geologi Lapangan.

Ketua Panitia kegiatan, Ir. Miftahussalam, M.T yang didampingi Dekan FTM, Dr. Sri Mulyaningsih, S.T., M.T dan Kajur Teknik Geologi Ir. Dwi Indah Purnamawati, M.Si mengatakan bahwa pihaknya sengaja mengundang jajaran Yayasan serta pimpinan IST AKPRIND untuk dapat melihat secara langsung kegiatan Geologi Lapangan I ini. Kuliah Geologi Lapangan I Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018 ini dilaksanakan dengan maksud untuk memberikan bekal keterampilan kepada mahasiswa dengan penekanan pada aspek keterampilan penggunaan peralatan lapangan, penentuan dan pengeplotan lokasi pengamatan (geomorfologi, stratigrafi dan struktur geologi), metode pencatatan pada buku lapangan serta pemetaan geologi metode kompas dan langkah. Nantinya mahasiswa akan mendapatkan materi ruangan serta lapangan sehingga mahasiswa bukan hanya mendapat teori saja namun juga praktek langsung dilapangan.

Menurut sekretaris jurusan, Danis Agus Wiloso, S.T., M.T.,  kuliah Geologi Lapangan I  dilaksanakan di Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di daerah Jiwo Barat dan Jiwo Timur dengan waktu pelaksanaan direncanakan pada tanggal 14 hingga 20 Januari 2018 atau selama 7 hari. Adapu materi yang disampaikan antara lain Orientasi Lapangan dengan pemateri  Dr. Sri Mulyaningsih, S.T., M.T., Plotting Lokasi & Geomorfologi (Ir. Dwi Indah Purnamawati, M.Si.) Profil & Lintasan (Danis Agoes Wiloso, S.T., M.T.) serta Pemetaan Geologi serta Metode Kompas & Pita Ukur yang akan disampaikan oleh Prof. Sukandarrumidi, M.Sc., Ph.D. Peserta Geologi Lapangan 1
diikuti oleh sekitar 81 mahasiswa dengan didampingi 17 dosen pembimbing, 6 asisten dan 5 orang laboran dan administrasi. Danis berharap dengan kegiatan geologi lapangan ini dilaksanakan dengan harapan mahasiswa dapat menerapkan metode pemetaan geologi di lapangan yang diperoleh selama mengikuti Kuliah Geologi Dasar, Geomorfologi, Petrologi, Paleontologi Umum dan Geologi Struktur agar nantinya dapat menjadi bekal untuk menempuh Mata Kuliah Geologi Lapangan I.

Geologi merupakan bidang ilmu yang mendasar pada bumi (baik permukaan dan bawah permukaan) sebagai obyek utama-nya (baik secara langsung maupun tidak langsung). Oleh karena itu, untuk mengasah kemampuan dasar dan aplikasi bidang ilmu yang didapat selama perkuliahan dan praktikum, mahasiswa Jurusan Teknik Geologi hendaknya melakukan pengamatan ke lapangan, apalagi bumi sebagai obyek keilmuannya bersifat dinamis. Teknik Geologi di IST AKPRIND sendiri merupakan salah satu program studi favorit yang selalu menjadi salah satu pilihan utama bagi calon mahasiswa baru.(tdj)