Workshop Video Making IST AKPRIND: Tingkatkan Keterampilan Pembuatan Konten di Kawasan Klitren

0
27
Para peserta pelatihan dan tamu undangan yang hadir berfoto bersama.

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan Badan Eksekutif Mahasiswa (PPK ORMAWA BEM) Institut Sains & Teknologi AKPRIND (IST AKPRIND) Yogyakarta menggelar Workshop Video Making bagi pemuda di kawasan Klitren, Sabtu (16/9). Acara tersebut diadakan di kampus IST AKPRIND Yogyakarta, dihadiri oleh sejumlah peserta yang bersemangat untuk memperdalam keterampilan pembuatan konten video. Narasumber utama pada acara ini adalah Sisilia Endah Lestari, S.Pd., M.Hum., seorang ahli dalam bidang kreativitas visual dan pembuatan video yang juga merupakan dosen IST AKPRIND Yogyakarta. Pelatihan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Rektor III IST AKPRIND Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom. Kegiatan yang diselenggarakan oleh tim PPK Ormawa BEM IST AKPRIND mendapatkan pendanaan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2023.

Dalam pelatihan tersebut, peserta tidak hanya diberikan pengetahuan dasar mengenai pembuatan konten video, tetapi mereka juga mendapatkan kesempatan untuk langsung mengaplikasikan pengetahuan tersebut. Selama sesi praktik, peserta diberi tugas untuk membuat video pendek, dan mereka mendapatkan umpan balik langsung dari narasumber. Hal ini memberikan peserta pengalaman berharga dan memungkinkan mereka untuk memahami dengan lebih baik cara meningkatkan kualitas konten video mereka. Acara ini sukses besar dan mendapatkan sambutan positif dari para peserta yang merasa lebih percaya diri dalam kemampuan mereka setelah mengikuti pelatihan ini.

Beberapa poin penting yang disampaikan Sisilia pada pelatihan tersebut diantaranya mencakup teknik pembuatan konten video serta aplikasi yang biasa digunakan untuk memproduksi konten, ragam konten yang ada di media sosial, dan content planning, yaitu proses untuk menyusun atau merencanakan konten yang akan diproduksi. Perencanaan konten sendiri dimulai dari menentukan target audience sampai pembuatan jadwal di kalender. Hal tersebut tak lain untuk membantu content creator mencapai target marketing yang direncanakan. (humas)