Workshop Optimalisasi Peran Dosen Wali Dalam Bimbingan Mahasiswa

0
7

Dosen harus lebih peka dengan segala hal yang dialami mahasiswa baik di dalam perkuliahan maupun di luar perkuliahan. Banyak mahasiswa yang tidak berkonsultasi dengan dosen saat menghadapi masalah baik secara akademik maupun non akademik. Bahkan tidak sedikit mahasiswa yang secara akademik berprestasi namun tiba-tiba menghilang dan tidak mengikuti perkuliahan atau aujian. Saat permasalahan sudah akut dan baru diketahui oleh dosen, maka dosen wali turut menjadi sibuk dan keteteran dengan masalah tersebut. Untuk mengurangi dan menghindari larutnya permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa, IST AKPRIND menyelenggarakan Workshop Optimalisasi Peran Dosen Wali Dalam Bimbingan Mahasiswa Meraih Prestasi. Workshop diselenggarakan dalam dua delombang. Gelombang pertama diikuti oleh 50 dosen diselenggarakan di Ruang Sidang Utama, Selasa-Rabu,(28-29/8).

Ketua Panitia Kegiatan, Ir. Gatot Santoso, M.T., didampingi Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri, Ir. Murni Yuniwati, M.T., mengaku pihaknya diberi mandat oleh pimpinan IST AKPRIND untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Dosen wali ditunjuk untuk memahami potensi dan kendala atau kesulitan mahasiswa. Sehingga Dosen wali juga dituntut untuk memanfaatkan waktu bimbingan untuk membantu mengarahkan mahasiswa sesuai dengan potensinya dalam meraih keberhasilan studi. Membantu Mahasiswa untuk memahami dan mematuhi peraturan dan prosedur yang berlaku yang dapat memudahkan penyelesaian studi mereka. Mengarakan Mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri lainnya yang bersifat non akademik yang dapat menigkatkan kompetensi tambahan untuk melengkapi kompetensi utama. Gatot juga berharap nantinya dosen dalam kedudukannya sebagai dosen wali memiliki wawasan tentang kurikulum prodi dan mengetahui berbagai program kemahasiswaan serta membuat jadwal pertemuan dengan mahasiswa. Sehingga tidak hanya pasif dalam menunggu kahdiran mahasiswa yang menghadap namun juga harus mampu menjalin hubungan keakraban akademik juga mengamati dan mengarahkan perkembangan studi mahasiswa perwaliannya secara berkala.
Workshop Optimalisasi Peran Dosen Wali Dalam Bimbingan Mahasiswa Meraih Prestasi rencananya akan diselnggarakan dan dua gelombang. Dosen IST AKPRIND yang belum mengikuti workshop pada gelombang pertama ini akan diikutkan dalam gelombang kedua yang akan diselenggarakan satu bulan lagi. Pada gelombang pertama ini panitia memberikan tiga materi pda setiap harinya, sehingga dalam dua hari dosen akan memperoleh  enam materi sekaligus. Materi yang diberikan antara lain adalah :

  • “Peran, Fungsi dan Proses Pembimbing Akademik” oleh Sri Iswanti, M.Pd.
  • “Karakteristik Dosen Pembimbing Akademik Ideal” oleh Dr. Siti Rohmah Nurhayati, M.Si.
  • “Memahami Karakteristik dan Peermasalahan Mahasiswa” oleh Nanang erna Gunawan, M.Ed.
  • “Assesment dan Evaluasi Permasalahan Mahasiswa” oleh Dr. Farida Agus Setiawati, M.Si.
  • “Treatment dan Solusi Permasalahn Mahasiswa” oleh Kartika Nur Fathiyah, M.Si.
  • “Aplikasi Teknologi Informasi untuk Layanan Bimbingan Akademik” oleh Agus Triyanto, M.Pd.