Wisuda Periode III TA 2021/2022, IST AKPRIND Luluskan 143 Sarjana

0
141

Sebanyak 143 lulusan program sarjana Institut Sains & Teknologi AKPRIND diwisuda pada Wisuda Periode III TA 2021/2022, Sabtu (07/05) di Hotel Grand Rohan Yogyakarta. Berbeda dari periode sebelumnya, wisuda periode ini terbilang istimewa sebab untuk pertama kalinya pascapandemi diselenggarakan secara luring dengan didampingi oleh orang tua/wali. Acara ini turut dihadiri oleh Anggota Pembina Yayasan Pembina Potensi Pembangunan (YPPP) Dr. Harjum Muharam, S.E., M.E., Ketua Pengawas YPPP Prof. Mahfud Sholihin,S.Ag., SE., M.Acc., Ph.D, Ak., CA., Anggota Pengawas YPPP Ir. H. Saiful Huda, M.T., M.E., Ketua YPPP Ir. Sagoro Wedy, M.M., Bendahara YPPP Erhanuddin Setya Wibawa, S.T., M.Sc., Ketua Senat Akademik Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.T. dan seluruh Anggota Senat Akademik, serta para Ketua Jurusan/Program Studi di lingkungan IST AKPRIND.

Lulusan Terbaik Pertama pada Wisuda Periode III Tahun Akademik 2021/2022 diraih oleh Kirana Alika Shania Indradi dari Program Studi Teknik Kimia dengan IPK 3,93 dan lama studi 3 tahun 6 bulan, Lulusan Terbaik Kedua diraih oleh Hesti Puspitasasi (Teknik Industri), Lulusan Terbaik Ketiga diraih oleh Suci Eka Azhari (Statistika), dan Lulusan Terbaik Keempat adalah Sugiyanti (Informatika), demikian disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Ir. Toto Rusianto, M.T., dalam pembacaan Surat Keputusan Rektor No.: 053/Skep/Rek/IV/2022 tertanggal 21 April 2022 tentang Kelulusan Program Sarjana pada Wisuda Periode III Tahun Akademik 2021/2022.

Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., atas nama pimpinan dan sivitas akademika IST AKPRIND mengucapkan selamat kepada para lulusan atas keberhasilannya menyelesaikan masa studi di IST AKPRIND. lebih lanjut, Rektor menambahkan bahwa gelar Sarjana yang disandang oleh para wisudawan merupakan memiliki konsekuensi dan tanggungjawab. Sesuai semboyan Jnanadharma, setelah lulus dari IST AKPRIND memiliki tanggungjawab untuk menerapkan dan mengabdikan ilmu pengatahuan yang dimiliki kepada nusa, bangsa, dan negara. Jika tidak, maka gelar sarjana yang disandang akan menjadi tidak bermakna. Menjadi seorang sarjana juga dituntut untuk memiliki pemikiran kritis dan inovatif agar dapat mengabdikan ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat.

Rektor mengungkapkan pada tahun 2022, pada tanggal 12 Mei 2022 IST AKPRIND memasuki usia emas sekaligus ditetapkan sebagai masa tinggal landas menuju visi “menjadi Perguruan Tinggi yang unggul di bidang sains dan teknologi dengan reputasi internasional pada 2044.” Dalam waktu yang tidak lama lagi, 2 Program Studi Diploma 3 akan diubah menjadi Program Vokasi. Program Magister Informatika juga akan dikembangkan sehingga IST AKPRIND akan memiliki Program/Sekolah Pasca Sarjana. Salah satu langkah yang diambil guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan dan pengelolaan Prodi di bidang teknologi informasi, akan segera dibentuk fakultas baru, yakni FTIB (Fakultas Teknologi Informasi & Bisnis).

IST AKPRIND merupakan Perguruan Tinggi Pertama di LLDikti Wilayah V DIY yang meraih peringkat Baik Sekali (SK BAN-PT No.: 419/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2019, tanggal: 26 November 2019). Selain itu, pada tahun 2022 ini IST AKPRIND berhasil menduduki peringkat 90 pada Klasterisasi Perguruan Tinggi Non Vokasi di Indonesia. Tak hanya itu, IST AKPRIND juga menyandang predikat Utama untuk Kinerja Penelitian, predikat Sangat Memuaskan pada Kinerja PKM, serta mendapat predikat Baik Sekali untuk Pengelolaan Bidang Kemahasiswaan, berada di posisi 24 untuk Klaster Liga 3 dan Peringkat Nasional ke-5 (untuk Institut). Pada akhir tahun 2021, IST AKPRIND menempati peringkat ke-89 Perguruan Tinggi se-Indonesia atau peringkat ke-8 di DIY versi Webometrics. (rsw)