Webinar Vol. 26: “Tips and Tricks to Get International Scholarship in Master Program”

0
216
Peserta Webinar Vol. 26 saat mengikuti sesi yang disampaikan oleh Nabilla Dewi Septiani, Jumat (19/5).

Rangkaian webinar IST AKPRIND terus berlanjut. Mengusung tema “Tips and Tricks to Get International Scholarship in Master Program,” Webinar Vol. 26 diselenggarakan Jumat (19/5). Pembicara pada webinar tersebut adalah Nabilla Dewi Septiani, S.T., Awardee ICCR Scholarship and M.Tech. Candidate at Indian Institute of Technology, Madras, India. Webinar diikuti sebanyak 44 partisipan. 

Nabilla menyebut, mendapatkan beasiswa internasional bukan hal yang mudah, namun juga bukan hal yang mustahil. Untuk mendapatkan beasiswa internasional ada beberapa hal yang dipersiapkan. Yang pertama adalah niat. Mengutip kalimat Ahmad Fuadi di Buku Berjuang di Tanah Rantau, “segala sesuatu diawali dengan mimpi. Namun, mimpi tanpa target, hanya akan berakhir di angan-angan. Niat dan usaha akan menyetir arah mimpi tersebut,” maka niatkan hal yang ingin dicapai dengan penuh tekad dan usaha. Berikutnya ialah cari tahu secara detail info beasiswanya. Hal penting yang harus diperhatikan diantaranya membaca secara saksama info beasiswa, mencatat tanggal penting tahapan beasiswa, membuat rencana ketika akan mendaftar beasiswa, dan yang terakhir yang tak kalah penting adalah jangan lupa mendaftar beasiswa yang diinginkan serta baca daftar soal sering ditanya (red: frequently asked questions dalam bahasa Inggris).

Lebih lanjut ia menjelaskan ada beberapa alasan yang membuatnya memilih India sebagai negara untuk melanjutkan kuliah. Beberapa alasan ini ialah India merupakan negara penerbit jurnal dan karya ilmiah terbesar ketiga di Asia dan ke-12 di dunia, biaya hidup relatif terjangkau, kemudahan untuk mengakses berbagai buku terbitan Oxford Press, McGraw Hill, dan penerbit ternama lain dengan harga yang terjangkau, serta IIT Madras merupakan perguruan tinggi dengan peringkat 200 besar di dunia. Selain itu, kualitas pendidikan yang diselenggarakan di perguruan tinggi di India berkualitas, sebab mengadopsi sistem pendidikan di Eropa dan Amerika Serikat serta menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar pembelajaran yang memudahkan mahasiswa internasional dalam proses perkuliahan. 

Nabilla Dewi Septiani merupakan lulusan Jurusan Teknik Kimia IST AKPRIND tahun 2019. Ia kini tercatat sebagai penerima beasiswa Indian Council for Cultural Relations (ICCR) yang tengah menempuh pendidikan Master of Technology di bidang Chemical Engineering di Indian Institute of Technology, Madras, India. Dari lima program beasiswa yang Nabilla ikuti, ia berhasil meraih dua diantaranya, yakni ICCR dan The Banach Scholarship Programme, hingga akhirnya memutuskan untuk memilih ICCR untuk menempuh pendidikan S-2. (humas)