Webinar Series Vol. 20: Strategic Plan to Prepare Your Career Effectively

0
223
Partisipan Webinar Vol. 20 “Strategic Plan to Prepare Your Career Effectively” mengikuti sesi webinar bersama Muhammad Anwar Fauzi, S.Kom. Dok: BPHK

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (IST AKPRIND) kembali menggelar Webinar Series Vol. 20 pada Jumat, (10/3). Tema yang dibahas pada webinar kali ini adalah “Strategic Plan to Prepare Your Career Effectively” yang dipandu oleh Dosen Jurusan Informatika Prita Haryani, S.Pd., M.Eng., dengan narasumber Muhammad Anwar Fauzii, S.Kom. yang berprofesi sebagai Fullstack Web Developer di Kiddu.id. Sekaligus alumni Jurusan Informatika angkatan tahun 2017.

Dalam paparannya, Anwar menjelaskan tentang empat strategi mempersiapkan karier secara efektif yakni, penyusunan visi dan misi, mengenali diri sendiri, fokus terhadap keterampilan yang dikuasai, dan memaksimalkan dukungan untuk menemukan peluang yang sesuai.

Menurutnya, penyusunan visi misi sangatlah penting, karena dalam membangun sebuah perusahaan atau organisasi dibutuhkan visi misi yang jelas. Sehingga perusahaan yang dijalankan dapat terstruktur, sistematis, dan dinamis. 

Selain itu, mengenali diri sendiri juga sangat penting dalam strategi mengembangkan dan mempersiapkan karier. Sebab, jika belum mengenali diri sendiri akan berdampak pada arah tujuan pendidikan atau pekerjaan yang akan diambil. Sehingga, sangat disayangkan jika potensi diri yang ada tetap terpendam karena tidak mengenali diri sendiri.

Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa penting juga untuk fokus pada keterampilan yang dikuasai. Sebab, jika kita menekuni keterampilan tersebut dalam perencanaan karier maka akan lebih mudah untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan yang dimiliki.

Untuk menunjang pencarian pekerjaan yang sesuai, juga dibutuhkan aplikasi pendukung, misal Linkedin dan Jobstreet. Dengan adanya aplikasi tersebut, sangat membantu para pencari kerja untuk menentukan pilihan pekerjaan sesuai dengan visi dan misi mereka. 

Kegiatan webinar ditutup oleh Wakil Rektor III Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom. Ia menambahkan bahwa sebagai fresh graduate banyak yang harus dipersiapkan. “Sebagai fresh graduate selain harus idealis, juga harus memiliki integritas dan komitmen dengan loyalitas yang baik,” tutup Emy. (humas)