Webinar IST AKPRIND: Menguak Strategi Peningkatan PPK Ormawa Menuju Abdidaya 2023

0
346
Sesi Webinar Bimtek Internal Pelaporan Keuangan dan Strategi Peningkatan Kualitas PPK Ormawa Menuju Abdidaya 2023.

Institut Sains & Teknologi AKPRIND (IST AKPRIND) kembali menyelenggarakan Webinar bertajuk “Bimtek Internal Pelaporan Keuangan dan Strategi Peningkatan Kualitas PPK Ormawa Menuju Abdidaya 2023,” Sabtu (26/8).  Acara tersebut diikuti oleh organisasi kemahasiswaan penerima hibah PPK Ormawa 2023, yakni Himpunan Mahasiswa Jurusan Statistika (HIMASTA), Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (HMTE), dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IST AKPRIND. 

Narasumber pertama, Dhaniek Wardhani Ratnaningrum, S.S., Sub Koordinator Organisasi Kemahasiswaan Belmawa Kemdikbudristek, memberikan materi yang berfokus pada Pengelolaan Keuangan Program Hibah Kompetisi PPK Ormawa. Dalam presentasinya, Dhaniek membahas berbagai aspek terkait pengelolaan dana hibah serta strategi untuk meningkatkan kualitas Program PPK Ormawa.

Sementara itu, Ir. Mintarti, M.Si., dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (P2SDM) IPB, menyampaikan materi mengenai Tips Menuju Abdidaya 2023. Salah satu poin penting yang dibahas adalah nilai log book yang seharusnya diisi secara rinci untuk memastikan kegiatan terdokumentasi secara informatif. Selain itu, beliau juga berbicara mengenai kombinasi antara kualitas hasil dan kemampuan presenter dalam mempresentasikan hasil, serta langkah-langkah validasi program kerja melalui kunjungan lapangan dan wawancara daring.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom. dan Wakil Rektor III Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai forum diskusi yang bermanfaat bagi anggota PPK Ormawa dalam menjalankan Program Hibah Kompetisi PPK Ormawa.

Selama acara, para narasumber dan peserta mendiskusikan berbagai aspek yang relevan dengan program PPK Ormawa. Tim wirausaha mempresentasikan hasil pengembangan lima pelaku usaha baru serta memberikan wawasan mengenai pengolahan produk sebagai bagian dari strategi berbisnis. Tim smart farming juga memberikan wawasan tentang efisiensi alat-alat pertanian dan dampak ekonominya, serta perbaikan berdasarkan umpan balik dari petani. Tim bank sampah, pada kesempatan tersebut, memaparkan perkembangan bank sampah di berbagai wilayah dan memaparkan rencana pengembangan lebih lanjut, termasuk pelibatan remaja dalam pengelolaannya.

Keseluruhan, webinar ini memberikan pandangan yang kaya dan wawasan mendalam dalam strategi peningkatan kualitas PPK Ormawa serta upaya menuju Abdidaya 2023. Diharapkan acara semacam ini dapat terus diadakan untuk memberikan dukungan dan pengembangan lebih lanjut bagi Organisasi Kemahasiswaan di seluruh Indonesia. (humas)