Webinar ”Cyber Security” Kerjasama dengan Universiti Malaysia Pahang

0
26

Saat ini hampir semua Perusahaan bertransformasi ke pengelolaan data berbasis digital. Proses pengembangan tidak hanya membangun system tetapi juga harus sangat dianjurkan untuk memperhatikan dan menggunakan aspek-aspek keamanan atau lebih dikenal dengan “cyber security “ .Cyber security harus benar-benar diperhatikan dalam menyimpan, mengakses dan mengambil informasi. Upaya lain adalah melindungi informasi dan data yang merupakan kebutuhan sebagian besar perusahaan dan instansi pemerintah. Data merupakan aset berharga dari suatu perusahaan dan bisa menjadi masalah di kemudian hari apabila data tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak berhak.

Mengingat pentingnya pengelolaan dan keamanan data, Fakultas Teknologi Industri IST AKPRIND bekerja sama Faculty of Computing Universiti Malaysia PAHANG pada hari Senin 29 Juni 2020 menyelenggarakan seminar online dengan Tema “Cyber Security”. Narasumber dalam webinar ini dipaparkan oleh Dr. Luhur Bayuaji dari Faculty of Computing Universiti Malaysia Pahang

Webinar sangat diminati khususnya mahasiswa Informatika IST AKPRIND, webinar menggunakan aplikasi Zoom dan disiarkan juga melalui channel You tube. Dalam webinar tersebut, narasumber memaparkan Cyber security adalah teknologi, proses dan praktik yang dirancang untuk melindungi jaringan, komputer, program dan data dari serangan, kerusakan atau akses yang tidak sah. Cyber security juga disebut sebagai upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyber attack. Cyber attack dalam operasi informasi adalah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersediaan (availability) informasi.

Lebih lanjut dikatakan Dr.Luhur Bayuaji menyampaikan hampir semua Perusahaan yang bertransformasi dari data berbasis digital sangat dianjurkan untuk memperhatikan dan menggunakan cyber security dalam menyimpan, mengakses dan mengambil informasi penting. Melindungi informasi dan data merupakan kebutuhan sebagian besar perusahaan dan instansi pemerintah di seluruh dunia karena data merupakan aset berharga dari suatu perusahaan dan bisa menjadi masalah di kemudian hari apabila data tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak berhak”

Hampir 3 jam webinar dilaksanakan dan mahasiswa sangat antusias selama webinar dan aktif dalam tanya jawab. Webinar dipandu oleh moderator Catur Iswahyudi SKom., MCs. MTA dengan host Miftah Farid

 

sumber