Upgrading dan RCC TUK Mandiri Informatika Certified IST AKPRIND

0
578

Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mandiri Informatika Certified IST AKPRIND Yogyakarta bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi(LSP) Informatika Jakarta menyelanggarakan acara Upgrading dan Recognition Current Competency (RCC). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut diselenggarakan di hotel HOM Preimere by Horison Yogyakarta, Sabtu-Minggu (20-21/3).

Upgrading dan Recognition Current Competency (RCC) dibuka oleh Kepala Lembaga Pengembangan Kompetensi dan Karir IST AKPRIND Yogyakarta, Ir. Prastyono Eko Pambudi, M.T., mewakili Rektor IST AKPRIND Yogyakarta. Ir. Prastyono Eko Pambudi, M.T., mengungkapkan bahwa kegiatan ini ditujukan kepada para asesor-asesor kompetensi untuk mendapatkan ijin perpanjangan sertifikasi asesor kompetensinya. Sehingga acara tersebut juga terbatas bagi 20 peserta yang semuanya merupakan asesor-asesor kompetensi dari berbagai LSP wilayah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat hingga DKI Jakarta. Pada kesempatan tersebut Prastyono juga menyampaikan terimakasih kepada para Master Asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yaitu Muhaemin S.Kom., M.M., M.Kom., dan Dra. AY. Retno Dwidarsih, Msi yang hadir dalam rangka memberikan materi.

Sementara itu Ketua TUK Mandiri Informatika Certified IST AKPRIND Yogyakarta, Uning Lestari, S.T., M.Kom menyampaikan bahwa sertifikat Asesor Kompetensi (ASKOM) yang diterbitkan BNSP berlaku selama 3 (tiga) tahun. Sehingga para pemilik sertifikat ASKOM yang akan atau telah habis masa berlakunya perlu melakukan perpanjangan sertifikat tersebut, agar tidak kadaluarsa. Melalui kegiatan RCC seperti yang dilakukan TUK Mandiri Informatika Certified IST AKPRIND Yogyakarta ini dapat memberikan kesempatan para asesor dapat memperpanjang lisensi Sertifikat ASKOM dengan mengikuti proses upgrading. Kegiatan Upgrading dan Recognition Current Competency (RCC) kerjasama TUK Mandiri Informatika Certified IST AKPRIND Yogyakarta dengan Lembaga LSP Informatika Jakarta meliputi beberapa hal antara lain, Merencanakan Aktivitas dan Proses Asesmen (Plan Activity and Assessment Process) , Melaksanakan Asesmen (Implement Assessment) serta Memberikan Kontribusi dalam Validasi Asesmen (Contributed to the Matter of Validating Assessment). (tdj)