Upacara Hardiknas 2019 “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”

0
16

Untuk meningkatkan daya saing pendidikan tinggi, perguruan tinggi didorong meningkatkan akreditasi institusi menjadi terakreditasi unggul (A). Upaya tersebut dilakukan dengan meningkatkan jumlah dan mutu penelitian dan publikasi, kerjasama pengembangan penelitian di tingkat nasional dan internasional serta memperbanyak prestasi mahasiswa hingga tingkat internasional. Demikian amanat Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof. Mohammad Nasir dalam upacara Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 di halaman Kampus I IST AKPRIND, yang dibacakan oleh Rektor, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., Kamis (2/5). Menristekdikti turut mendorong Program studi harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pasar dan terakreditasi unggul (A) dan selanjutnya terakreditasi internasional. Penerapan budaya mutu harus dilakukan secara berkelanjutan sejalan dengan kebutuhan peningkatan kompetensi SDM yang adaptif dengan perkembangan jaman.

Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 yang mengangkat tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” serta sub tema “Mewujudkan SDM Kompetitif, Inovatif dan Berkarakter. Menristek menambahkan bahwa Strategi untuk meningkatkan  mutu pendidikan tinggi yaitu dengan mensinergikan dharma pendidikan-penelitian-pengabdian pada masyarakat yang didukung oleh efektivitas  pentahelix  antara universitas, pemerintah,  dan swasta/industri,  serta masyarakat dan media terutama  dalam pengembangan  mutu mahasiswa dan lulusan, mutu SDM dosen dan tenaga kependidikan,  networking, publikasi, hilirisasi hasil-hasil produk riset  dan  inovasi, didukung oleh pengelolaan universitas yang semakin baik, transparan dan akuntabel.  Pembangunan pendidikan berkualitas merupakan salah satu target pembangunan berkelanjutan atau  Sustainable Development Goals  (SDGs) untuk mendorong kesejahteraan semua kalangan. Salah satu langkah yang dilakukan diantaranya adalah membangun SDM berkualitas pada penduduk berusia muda dan dewasa untuk memiliki pengetahuan dan skill  yang relevan, termasuk  technical and vocational skills , agar mampu mendapat pekerjaan layak dan memiliki jiwa kewirausahaan untuk tujuan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Upacara Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 IST AKPRIND diselenggarakan di halaman Kampus I, Jalan Kalisahak, Komplek Balapan, Yogyakarta. Seluruh pegawai, baik dosen maupun tenaga kependidikan serta perwakilan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Jurusan serta Unit Kegiatan Mahasiswa turut ambil bagian sebagai peserta upacara. Pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada pegawai IST AKPRIND yang telah mengabdi 20, 25, 30 dan 35 tahun.