Uning Lestari raih hibah Penelitian Bapedda Kota Yogya

0
21

Uning Lestari, S.T., M.Kom dosen IST AKPRIND yang juga menjabat sebagai Ketua Jurusan Teknik Informatika dinyatakan lolos untuk diajukan sebagai penerima dana penelitian tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda), Pemerintah Kota Yogyakarta. Mengajukan proposal dengan judul Penerapan IoT Pada Aplikasi Sistem Parkir Cerdas Berbasis Mobile Guna Mewujudkan Smart City Kota Yogyakarta, Uning Lestari bersama mampu menyisihkan sekitar 50 peserta lain yang turut mengajukan proposal penelitian di Bapedda Kota Yogyakarta.

Berdasarkan hasil seleksi proposal penelitian sesuai Berita Acara Tim Jaringan Penelitian Kota Yogyakarta Nomor 03/BA-Jarlit/VIII/2018, terdapat enam dosen dari enam PTS berbeda yang dinyatakan lolos untuk diajukan sebagai penerima dana penelitian tahun 2019, termasuk salah satunya dari IST AKPRIND. Uning Lestari mengatakan bahwa sebelum proposalnya dinyatakan lolos dan layak didanai pihaknya mengirimkan proposal melalui website Bapedda kota Yogyakarta. Dari sekitar 50 proposal yang masuk, diseleksi menjadi 25 proposal yang selanjutnya harus melaksanakan tahap presentasi proposal penelitian kepada tim Jaringan penelitian pada pertengahan tahun lalu. Akhirnya pada bulan lalu proposal miliknya dinyatakan lolos untuk didanai.

Hibah penelitian ini merupakan upaya Bappeda Kota Yogyakarta untuk memberikan kesempatan kesempatan bagi akademisi dalam mengembangkan penelitian. Penelitian yang dibiayai akan disesuaikan dengan kebutuhan atau prioritas pembangunan karena hasil penelitian menjadi rekomendasi Pemkot dalam memenuntukan kebijakan pembangunan. Peneliti dapat mengajukan temanya sendiri namun lebih spesifik terhadap pembangunan. Tiga tema prioritas yang ia usulkan ialah menyangkut permukiman padat penduduk, penataan transportasi, dan pengembangan ekonomi kreatif. Sehingga penelitian yang dilaksanakan pada tahun Anggaran 2019 tersebut harus diajukan dengan memenuhi tujuan untuk memperkuat pemahaman terhadap suatu permasalahan, menilai atau mengkritisi kebijakan yang telah dilaksanakan. serta memberikan rekomendasi pemecahan permasalahan yang aplikatif. (tdj)