Tingkatkan Kompetensi di dunia Industri, Mahasiswa Kerja Praktek di Perusahaan

0
354

Kegiatan mahasiswa pada Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) harus selalu dioptimalkan agar kompetensi mahasiswa semakin meningkat. Hal tersebut juga selaras dengan program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Dengan beraktivitas di DUDI mahasiswa dapat memeroleh gambaran proses dan pekerjaan yang ada di DUDI. Selama aktivitas di perkuliahan mahasiswa hanya mendapatkan gambaran dan ilmu pengetahuan dari sisi kurikulum. Persoalan yang nyata adalah yang ada di dalam DUDI. Upaya agar mahasiswa tidak hanya mempunyai IPK yang tinggi tetapi juga mempunyai skill yang bagus dan kompetensi, program studi Informatika –Institut Sains & Teknologi AKPRIND mendorong kepada mahasiswa untuk terjun ke DUDI. Salah satu implementasi agar mahasiswa melaksanakan praktik di DUDI adalah dengan melakukan kerja praktik pada Industri.

Semester ini (20.1), lebih dari 20 mahasiswa yang melaksanakan kerja praktik di Industri (PKPI). Berbagai perusahaan menjadi tujuan para mahasiswa dalam melaksanakan Berja Prakteknya sesuai dengan minat masing-masing. Pada bulan Desember 2020, empat mahasiswa yaitu Heru Aprianto, Sri Wahyuni, Muhammad Mietakhul Ulum dan Muhammad Uwlinuha menyelesaikan Kerja Praktek yang masuk dalam mata kuliah Pelatihan Kerja Pada Industri atau PKPI dengan dosen Pembimbing Muhammad Sholeh, S.T., M.T.

Tiga Mahasiswa Magang Industri di PT. Pilar Cipta Solusi Integratika (PT.PICSI)

Bismin, Markus Andika dan Dandy Renaldy Chrystian melaksanakan kegiatan PKPI di perusahaan PT PICSI Pilar Cipta Solusi Integratika juga dengan bimbingan dosen Muhammad Sholeh, S.T., M.T. Ketiga mahasiswa tersebut berbagi pengalaman dalam melaksanakan kegiatan PKPI dengan menyampaikan bahwa banyak pengalaman yang diperoleh selama magang di PT PICSI. Kekompakan (teamwork) dalam menyelesaikan sebuah project yang harus diselesaikan sangat terlihat dalam dunia kerja sangat dibutuhkan. Karena keberhasilan project dan kepercayaan mitra menjadi modal yang sangat penting. Selain hal tersebut juga disampaikan bahwa selama magang diperusahaan tersebut para mahasiswa juga mendapatkan banyak pengalaman terutama terkait teknologi informasi yang terbaru dan software-software yang digunakan dalam mengembangkan sistem. Dengan pengalaman tersebut, para mahasiswa semakin yakin dalam meningkatkan kompetensinya, sehingga siap untuk bersaing di duna kerja setelah lulus.

Selain Empat Mahasiswa Teknik Informatika yang telah menyelesaikan PKPI di PT. Gosantha Global Yogyakarta, tiga mahasiswa dari Teknik Informatika juga meleksanakan kegiatan yang sama di PT Pilar Cipta Solusi Integratika (PT PICSI). PT. PICSI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi yang berfokus pada pengembangan sistem yang berbasis teknologi informasi, teknologi internet dan telekomunikasi. Perusahan ini juga menyediakan produk dan layanan jasa dalam membantu mitra bisnis dalam menerapkan manajemen sistem informasi baik dilingkungan instansi pemerintah maupun swasta secara efektif dan efisien, dan berkesinambungan.

(sumber)