Tim Robot Brahmana Audiensi dengan Gubernur DIY

0
382

Guna mendapatkan dukungan serta doa restu dari masyarakat Indonesia khususnya warga Yogyakarta, Tim Robot Brahmana IST AKPRIND Yogyakarta yang akan tampil pada event Internasional Kontes Robot ABU ROBOCON di Tokyo Jepang Agustus nanti berkesempatan audiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Gedong Wilis, Komplek Kepatihan Yogyakarta, Senin (24/7) siang. Kedatangan tim IST AKPRIND dipimpin langsung oleh rektor, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T turut didampingi oleh Wakil Rektor I, II dan II, Dekan Fakultas Teknologi Industri, Ketua Jurusan Teknik Elektro serta seluruh anggota tim robot Brahmana.
Dalam audiensi tersebut, dosen pembina tim Brahmana Beny Firman, S.T., M.Eng. mengungkapkan perjalanan timnya dalam mengikuti Kontes Robot Indonesia 2017 ini mulai dari babak regional hingga akhirnya mampu meraih juara nasional kategori Kontes Robot ABU Indonesia di Bandung beberapa waktu yang lalu. Sehingga berhak mewakili Indonesia dalam event Internasional di Tokyo, Jepang akhir Agustus nanti. Beny juga memohon doa restu serta dukungan dari masyarakat melalui Gubernur DIY agar pada even internasional nanti mampu bertanding secara optimal sehingga mampu mengharumkan nama Indonesia pada umumnya dan Yogyakarta pada khususnya.
Sementara Gubernur DIY berpesan agar kemampuan perguruan tinggi baik dosen maupun mahasiswa tidak hanya berhenti pada hasil karya semata seperti robot dari IST AKPRIND ini. Beliau berharap esensi nilai teknologi dari robot maupun penemuan-penemuan hasil penelitian lain dari dosen dan mahasiswa dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat. Karena menurut Sultan, para akademisi dalam melakukan penelitian cenderung hanya berhenti pada jurnal terakreditasi dan paten, tetapi tidak sampai pada pembuatan produk yang dapat langsung dimanfaatkan masyarakat.
Pada kesempatan audiensi tersebut Sultan juga berkesempatan mencoba robot Brahmana hasil karya mahasiswa AKPRIND. Rektor IST AKPRIND turut menyampaikan bahwa tampilnya IST AKPRIND dalam even internasional ini merupakan prestasi yang kesekian kalinya setelah sebelumnya tim Mobil Hemat Energi mampu berprestasi pada gelaran Shell Eco Marathon beberapa waktu lalu. Selain itu terdapat pula mahasiswa Teknik Geologi yang sukses mempresentasikan penelitiannya tentang arah aliran lahar hujan Gunung Merapi di Dubai. UEA pada April lalu serta yang akan datang juga terdapat satu mahasiswa Teknik Geologi lagi yang akan tampil untuk mempresentasikan penelitiannya pada seminar Internasional di Beijing, China, September mendatang.(tdj)