Tim PKMK IST AKPRIND Lolos ke PIMNAS 33 Tahun 2020

0
44

IST AKPRIND kembali meloloskan kelompok mahasiswanya dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 33 tahun 2020. IST AKPRIND meloloskan satu proposal Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK). Keputusan lolosnya tim PKMK IST AKPRIND tertuang dalam Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional (PUSPRENAS) Nomor 2414/J3//2020 Tentang Penetapan Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Tahun 2020.

Tim PKMK IST AKPRIND digawangi oleh Netaria Usmia, Enik Laksminasih, Sahlina dan Sinum Fariasi yang berasal dari prigram studi Statistika serta Desi Safitri Tomy dari program studi Teknik Lingkungan. Dibawah bimbingan Noviana Pratiwi, S.Si., M.Sc, kelompok mahasiswa ini mengangkat judul “Batik Epsilon (Ecoprint Art) dengan Motif Statistik Yang Edukatif dan Ramah Lingkungan”. Menurut Netaria Usmia ketua, diakuinya batik oleh UNESCO sebagai warisan dunia milik Indonesia menjadikan batik bukan sekadar budaya, tetapi telah menjelma menjadi komoditas bisnis berkelas dunia. Saat ini batik dengan teknik ecoprint sudah mulai diberdayakan masyarakat Yogyakarta, salah satunya Kampung Batik Ecoprint, Brontokusuman. Teknik ecoprint merupakan perkembangan dari ecofashion yaitu produk pakaian yang berasal dari bahan alami dan tanpa bahan kimia. Teknik ecoprint diartikan sebagai suatu proses untuk mentransfer warna dan bentuk ke kain melalui kontak langsung. Teknik ini dilakukan dengan cara menempelkan tanaman yang memiliki pigmen warna kepada kain yang kemudian direbus. Batik ecoprint ini dapat dijadikan tren gaya hidup masyarakat yang ramah lingkungan karena batik ecoprint menggunakan bahan dedaunan dan bunga. Sementara Batik Epsilon merupakan terobosan baru yang mengusung nilai budaya dan mengembangkan produk batik yang motifnya divisualisasikan dalam bentuk simbol-simbol statistik yang edukatif. Batik Epsilon diharapkan dapat memiliki nilai edukatif dan nilai tambah dalam budaya lokal yang ramah lingkungan. Dengan menambahkan motif statistik diharapkan dapat mengenalkan rumus-rumus statistik sehingga memberikan edukasi kepada masyarakat terkhusus anak muda tentang simbol, rumus, kurva, dan teori-teori statistika lainnya.

PIMNAS menupakan upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan prestasi, kemampuan akademik, wawasan dan kecintaan mahasiswa terhadap bidang riset serta sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan tahap lanjutan dari kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). PIMNAS ke-33 Tahun 2020 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai media dan sarana komunikasi, mempertajam wawasan, dan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektual pada forum ilmiah. PIMNAS ke-33 tahun 2020 akan diselenggarakan secara daring pada tanggal 24-29 Nopember 2020. (tdj)