Tim PKM-PI IST AKPRIND Bantu Optimalkan Produksi UMKM Emping Melinjo

0
143

Kelompok mahasiswa IST AKPRIND penerima pendanaan Kemdikbud Ristek Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penerapan IPTEK (PI) menyelenggarakan acara serah terima alat pada kelompok UMKM Emping Melinjo  Mba Zazil, Kamis (01/09). Bertempat di dusun Jumeneng Kidul, Sumberadi, Mlati, Sleman, kegiatan ini dihadiri oleh anggota kelompok mahasiswa PKM PI yang terdiri dari Aris Budi Mulyono, Nur Adinda Guswantoro, Shefina Herawati, Adinda Arum Tirta Melati serta dosen pembimbing Eka Sulistyaningsih, S.Si., M.Sc. Tim ini mengangkat proposal berjudul Mesin Pemipih Emping Melinjo dengan Sistem Pengepresan untuk Mengoptimalkan Produksi Home Industry. Alat yang diserahkan yaitu berupa mesin pemipih emping. Mesin diserahkan langsung oleh Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Beny Firman, S.T., M.Eng., kepada Mujazilah selaku anggota UMKM Mlinjo Mba Zazil.  

Pada kesempatan tersebut, alat berupa mesin pemipih emping tidak hanya diserahterimakan, namun juga didemokan secara langsung di hadapan ibu-ibu perwakilan UMKM Mlinjo Mba Zazil.  Perwakilan UMKM yang hadir yakni Mujazilah, Bibit, Nova, Sri, dan Riris tampak antusias pada saat mesin pemipih emping yang dirancang mahasiswa didemokan secara langsung. Sementara itu, Panewu Anom Mlati Wawan Hariawan, S.IP., M.Si. yang hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada tim PKM PI IST AKPRIND. Pihaknya berharap dengan adanya mesin pemipih emping yang diserahkan ke komunitas UMKM ini akan bisa memberikan manfaat bagi pengrajin emping di dusun Jumeneng Kidul khususnya. Ia juga berharap ke depan kerja sama semacam ini terus terjalin dengan baik.

“Mohon bimbingan dan pendampingan bagi ibu-ibu di UMKM Melinjo Mba Zazil pada saat menggunakan alatnya. Nanti juga harus ada evaluasi penggunaannya. Semoga inovasi semacam ini bisa merambah ke kapanewon lain, jadi lebih banyak yang bisa merasakan manfaatnya,” pungkas Wawan.

Kegiatan serah terima alat pemipih emping ini selain dihadiri oleh tim PKM-PI juga dihadiri oleh  Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat  Beny Firman, S.T., M.Eng., Kepala Pusat Pengembangan Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Satriawan Dini Hariyanto, S.T., M.Eng., Pj. Ketua Jurusan Teknik Industri Andrean Emaputra, S.T., M.Sc., Pj. Ketua Jurusan Teknik Mesin Dr. Hadi Saputra, S.T., M.Eng., serta Ketua Jurusan Teknologi Mesin I Gusti Gde Badrawada, S.T., M.Eng.