Tim PKM AI IST AKPRIND Raih Insentif dari Kemendikbud-Ristek

0
199

Proposal mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta dinyatakan lolos dalam penilaian karya tulis PKM Artikel Ilmiah (AI) dan PKM Gagasan Tertulis (PKMGT) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Proposal yang berjudul “Metode Universal Kriging Untuk Analisis dan Prediksi Kualitas Udara di DIY” karya Enik Laksminiasih (Jurusan Statistika), Yohanes Meze ( Jurusan Statistika) dan Dista Pinasti (Teknik Lingkungan) lolos dalam penilaian kategori PKM Artkel Ilmiah. Dengan lolosnya proposal PKM Artkel Ilmiah tersebut, maka tim yang dibimbing oleh Rokhana Dwi Bekti, S.Si., M​.Si. ini berhak atas insentif sebesar 3 juta rupiah.

Keputusan lolosanya proposal Enik Laksminiasih, dkk tertuang dalam surat Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor : 3116/E2/KM.05.01/2021, Perihal : Insentif PKM-AI dan PKM-GT Tahun 2021 tertanggal : 29 Juni 2021. Dalam artikel ilmiahnya Enik Laksminiasih, dkk mengungkapkan bahwa pencemaran udara di kota Yogyakarta sudah menjadi permasalahan yang membutuhkan penanganan guna mencegah terjadinya peningkatan polusi seperti di kota besar lainnya. Penelitian yang dilakukan bersama timnya mengkaji dan melakukan simulasi data tentang penggunaan metode “Universal Kriging” untuk memprediksi data yang tidak tersampel, khususnya untuk data kualitas udara. Metode yang digunakan adalah narrative review dan simulasi data. Narrative review dengan memasukan beberapa kata kunci dan mengambil data dari temuan dalam 5 tahun terakhir. Simulasi data menggunakan data sekunder yaitu variabel kualitas udara di DIY 2018, yaitu NO2, O3, SO3, dan PM10. Universal Kriging sebagai salah satu metode geostatistika yang memanfaatkan nilai spasial pada lokasi tersampel dan variogram yang menunjukan korelasi antar titik spasial untuk memprediksi nilai pada lokasi lain yang belum tersampel yang mana nilai prediksi tersebut tergantung pada kedekatannya terhadap lokasi tersampel. Universal Kriging adalah kriging dari data yang mempunyai kecenderungan trend tertentu. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah metode ini dapat diterapkan untuk memprediksi data yang tidak tersampel memperhatikan data spasial. Hal ini juga terbukti dari simulasi data yang telah dilakukan di data kualitas udara (NO2, O3, SO2, dan PM10) di DIY, pungkas Enik.

PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI) adalah salah satu upaya pemerintah dalam rangka memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual. Bersama beberapa kategori PKM lainnya (seperti PKM Riset, Kewirausahaan, Pengabdian Kepada Masyarakat, Penerapan Iptek, Karsa Cipta, Gagasan Futuristik Konstruktif, dan Gagasan Tertulis), PKM Artikel Ilmiah dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni. (tdj)