Tim P3D IST AKPRIND Yogyakarta Gelar Monev Sekaligus Terima Kunjungan Tim Reviewer Kemdikbudristek di Desa Binaan Mompreneur

0
93

Tim P3D IST AKPRIND Yogyakarta melakukan kunjungan ke desa binaan Kampung MOMPRENEUR, Putat, Gunungkidul, Sabtu (23/10). Tim yang terdiri dari 13 Mahasiswa di bawah bimbingan Nurul Dzakiya, S.Si., M.Sc., dan dosen pendamping Dewi Wahyuningtyas, S.T., M.Eng., ini melakukan kunjungan dalam rangka monev sekaligus visitasi kemajuan program pembinaan Kampung Mompreneur yang dilaksanakan oleh Tim P3D. Monev juga dihadiri oleh dua reviewer dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Dhaniek Wardhanie Retnaningrum, S.S. dan Dr. Parmin, S.Pd., M.Pd. Ini merupakan sebuah kesempatan istimewa bagi Tim P3D IST AKPRIND, sebab menjadi satu dari 10 tim yang berkesempatan di-visit langsung oleh tim reviewer dari Kemdikbudristek.

“Meski menemui beberapa kendala, namun Tim P3D akan terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi mitra binaan kami. Kami merasa bangga dari yang awalnya membantu untuk mengembangkan satu produk berupa minuman (Seruputan), kini sudah bervariasi tak hanya minuman tapi juga produk berupa makanan. Pengembangannya sendiri kami bantu dari mulai proses produksi hingga ke pengemasan dan penjualan produk melalui digital marketing. Ini merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi tim P3D IST AKPRIND, apalagi tim juga mendapatkan sebuah kehormatan untuk di-visit langsung oleh tim reviewer dari Kemdikbudristek,” pungkas Nurul Dzakiya, S.Si., M.Sc., dosen pembimbing Tim P3D dalam sambutannya.

Kepala Desa Putat yang juga hadir pada acara tersebut menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim P3D IST AKPRIND yang telah membimbing serta memberikan pelatihan kepada masyarakat di desa Putat Wetan. Ia juga berharap kerja sama antara Pemerintah Putat dengan IST AKPRIND bisa berlanjut di berbagai kegiatan maupun pembelajaran masyarakat, sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara itu, tim reviewer Kemdikbudristek yang diwakili oleh Dr. Parmin, S.Pd., M.Pd., mengucapkan selamat pada Tim P3D IST AKPRIND yang telah berhasil menjadi salah satu tim dari seratuan tim dari seluruh Indonesia yang berhasil mendapatkan hibah P3D.

“Harapannya bisa berlanjut, di bawah komando kepala desa nanti masyarakat bisa melanjutkan kegiatan, kan sudah punya keterampilan. Nanti arahnya kalau IST AKPRIND ada tamu, oleh-olehnya dari sini. Selain itu dibantu pemasarannya lewat online. Kalau dari sisi organisasi kampus, bisa berlanjut programnya dan berkembang. Jadi nanti tidak cuma di desa ini saja, tapi juga di desa-desa lain,” imbuh Parmin.

Selain dihadiri oleh Tim P3D IST AKPRIND Yogyakarta dan tim reviewer dari Kemdikbudristek, acara ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom., Kepala Bagian Administrasi Kemahasiswaan Eko Wijanarko, B.Sc., Kepala Desa Putat, Kepala Dusun Putat Wetan, dan Tim Binaan Mompreneur. (rsw)