Tim P3D IST AKPRIND, Nominator Program Abdidaya 2021

0
96

Kabar baik datang dari Tim P3D IST AKPRIND Yogyakarta. Berdasarkan hasil penilaian dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Tim Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) IST AKPRIND Yogyakarta dinyatakan terpilih sebagai salah satu nominator Program Abdidaya 2021. Tim P3D IST AKPRIND Yogyakarta terpilih bersama 9 tim lain dari perguruan tinggi seluruh Indonesia pada kategori Organisasi Kemahasiswaan. Keputusan tersebut tertuang dalam surat Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan Nomor: 6828/E2/KM.09.00/2021 tentang Pengumuman Nominator Program Abdidaya Tahun 2021 tertanggal 24 November 2021. Dengan demikian, Tim P3D yang diketuai oleh Rahma Laila Fitria dengan 12 anggota lain berhak untuk mengikuti rangkaian kegiatan Abdidaya sekaligus tampil pada Malam Penganugerahan Penghargaan Adidharma Sahwahita.

Sebelum terpilih sebagai salah satu Nominator Program Abdidaya, pada Juni 2021 Rahma Laila Fitria dan timnya yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) telah mampu mendapatkan pendanaan pada P3D dan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang digagas oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Kemdikbud. Mengusung judul proposal “Pengembangan Kampung MOMpreneur Melalui Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Guna Mewujudkan Desa Putat Wetan yang Mandiri dan Produktif,” Rahma Laila Fitria dan tim berfokus pada pembinaan ibu-ibu di Desa Putat Wetan, Kalurahan Putat, Kapanewon Patuk, Gunung Kidul. Kegiatan pembinaan yang dilakukan berfokus pada pemberdayaan kaum ibu berbasis kewirausahaan. Salah satunya ialah pengembangan produk minuman tradisional khas Putat, yakni Seruputan meliputi optimalisasi proses produksi, pengemasan, hingga pemasaran. Produk yang mulanya hanya dipasarkan di sekitar Desa Putat, berkat binaan dan bimbingan dari Tim P3D IST AKPRIND kini juga dipasarkan secara online dan menjangkau lebih banyak kalangan. Di bawah bimbingan dosen Jurusan Teknik Geologi Nurul Dzakiya, S.Si., M.Sc, tim ini terus melakukan optimalisasi dan pembinaan bagi ibu-ibu di Desa Putat Wetan.

Program Abdidaya merupakan ajang apreasiasi sebagai puncak pelaksanaan program-program pengabdian dan pemberdayaan desa oleh organisasi kemahasiswaan. Abdidaya tahun 2021 merupakan program yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk kali pertama guna mengapresiasi stakeholder pelaksana kegiatan kemahasiswaan bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi ajang bagi para pemberdaya masyarakat untuk menghasilkan luaran-luaran yang inovatif dan kolaboratif. Perguruan Tinggi yang nantinya keluar sebagai juara umum dalam Abdidaya akan dianugerahi penghargaan Adidharma Sahwahita. Adapun rangkaian kegiatan Abdidaya dilaksanakan dari 1 Oktober – 6 Desember 2021. (rsw)