Tim Monev hibah PP-PTS 2019 kunjungi IST AKPRIND

0
28

Sebagai tindak lanjut dari bantuan Program Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PP-PTS) Skema B Tahun 2019 yang diperoleh IST AKPRIND, tim Direktorat Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi melakukan kunjungan ke IST AKPRIND dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) penerimaan barang bantuan PP-PTS Skema B Tahun 2019, Kamis(5/12). Tim Direktorat Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi yang terdiri dari Kharisun, Wahyu Hidayat dan Agus Santosa diterima tim Hibah PP-PTS IST AKPRIND, Ir. Muhammad Yusuf, M.T., serta Erna Kumalasari N, S.T., M.T., serta seluruh pimpinan IST AKPRIND dan Ketua Yayasan Pembina Potensi Pembangunan, Ir. Sagoro Wedy, M.M.

Pada monev tersebut, Tim Direktorat Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi melakukan penelitian data administratif dan fisik atas Barang Milik Negara (BMN) yang dihibahkan sebagai dasar penandatanganan naskah persetujuan hibah BMN antara Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan IST AKPRIND. Setelah melakukan pemeriksaan administratif serta mendapatkan penjelasan dari tim hibah IST AKPRIND, tim monev langsung menuju lokasi-lokasi penempatan barang milik negara yang telah dihibahkan di laboratorium terpadu IST AKPRIND, Jl. I Dewa Nyoma Oka, Kotabaru, Yogyakarta dilanjutkan menuju laboratorium multimedia yang terletak di kampus 3 IST AKPRIND, Jl Bima Sakti Gondokusuman, Yogyakarta.

Seperti diketahui bersama IST AKPRIND berhasil meraih Hibah Program Pengembangan Perguruan Tinggi Sawasta (PP-PTS) skema B tahun 2019. Dalam presentasi yang diselenggarakan di Hotel Ciputra Jakarta, Sabtu (18/5), tim IST AKPRIND yang mengusulkan jurusan Teknik Mesin dan Teknik Informatika mampu tampil meyakinkan dengan data-data yang lengkap sehingga berhasil memenangkan hibah Skema B tersebut bersama dengan 22 Perguruan Tinggi lainnya se- Indonesia. Dengan memenangkan hibah ini IST AKPRIND akan mendapat bantuan berupa peralatan laboratorium untuk program studi Teknik Informatika dan Teknik Mesin senilai hampir 1,1 Milyar rupiah.

Hibah PP-PTS merupakan upaya Kemenristekdikti untuk meningkatkan mutu Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Dalam kompetisi hibah tersebut tredapat dua skema yaitu Skema A dan Skema B. Skema A diperuntukkan bagi Perguruan Tinggi dengan Cluster 4 dan 5 sedangkan Skema B diperuntukkan bagi Perguruan Tinggi di Cluster 3. Hibah ini diselenggarakan untuk meningkatkan produktifitas dan relevansi lulusan yang dihasilkan oleh Perguruan Tinggi serta diharapkan dapat meningkatkan klasterisasi. IST AKPRIND dinyatakan eligible untuk mengirimkan proposal hibah ditinjau dari laporan Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) yang disampaikan setiap semesternya.

Program ini bertujuan memfasilitasi dan mendorong perguruan tinggi swasta untuk penguatan proses pembelajaran dan peningkatan kualitas lulusan. Secara khusus PP-PTS Skema B ditujukan untuk peningkatan produktivitas dan relevansi lulusan melalui penguatan proses pembelajaran dan kualitas lulusan melalui pemanfaatan sumber daya secara hemat dan bertanggung-jawab. Beberapa perbaikan yang diharapkan antara lain ditandai dengan peningkatan jumlah lulusan, penurunan waktu penyelesaian tugas akhir, penurunan rata-rata masa studi lulusan, penurunan waktu tunggu lulusan untuk mendapat pekerjaan, melalui optimalisasi pemanfaatan sumberdaya, baik yang menyangkut sumberdaya manusia, sumberdaya fisik (tingkat utilisasi ruangan dan peralatan), sumberdaya uang (penekanan unit cost), dan sebagainya. (tdj)