Tim IST AKPRIND I Siap Tampil All Out di KMHE 2018

0
24

Tim IST AKPRIND I mengaku siap tampil dengan mengerahkan segala kemampuan dalam gelaran Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018. Hal ini disampaikan saat tim IST AKPRIND I dinyatakan lolos sebagai finalis KMHE 2018 seperti tertuang dalam surat Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti dengan nomor: 3239/B3.1/KM/2018 perihal Peserta Finalis Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Tahun 2018 tertanggal 22 Oktober 2018. Dengan mengusung kendaraan bernama Kalisahak 28, tim yang dibimbing oleh Ellyawan Setyo Arbintarso, S.T., M.Sc., Ph.D tersebut akan berlaga di Universitas Negeri Padang pada 27 Nop-1 Des 2018 nanti.

KMHE tahun 2018 di Universitas Negeri Padang akan mempertandingkan total 8 kategori, yaitu Proto Gasoline, Proto Diesel, Proto Ethanol, Proto Listrik, Urban Gasoline, Urban Diesel, Urban Ethanol, dan Urban Listrik. Tim IST AKPRIND menjadi satu-satunya tim dari Yogyakarta yang akan berlaga pada Kategori Urban Ethanol. Pada kategori ini, IST AKPRIND harus bersaing dengan ITS, Unibraw, UNM serta UPI.

KMHE adalah event yang diselenggarakan oleh DIKTI dalam skala nasional, tiap tahunnya memperlombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi. KMHE berorientasi pada efisiensi energi dari mobil rancangan mahasiswa hasil pengaplikasian ilmu yang diterima selama kuliah. Perlombaan dibagi menjadi dua kategori berdasarkan kategori kendaraan, yaitu Urban dan Prototype. Mobil dalam KMHE dibagi menjadi 4 kelas berdasarkan motor penggerak yang digunakan, diantaranya Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline, MPD Etanol, MPD Diesel dan Motor Listrik. (tdj)